Terima Keluhan Warga, Pemkot Bogor Luncurkan Mobil Curhat

Senin, 07 Juli 2014 - 03:19 WIB
Terima Keluhan Warga, Pemkot Bogor Luncurkan Mobil Curhat
Terima Keluhan Warga, Pemkot Bogor Luncurkan Mobil Curhat
A A A
BOGOR - Guna memudahkan menerima keluhan warga, Pemkot Bogor meluncurkan kendaraan Mobil Curhat atau bisa disebut Mobil Anti Galau. Namun demikian, mobil tersebut hanya sebatas menerima curahan hati (curhat) Kota Bogor terkait masalah kesehatan, keluarga hingga masalah sosial.

Selain menerima keluhan, mobil yang nantinya akan berkeliling ke seluruh pelosok itu juga dapat langsung memberikan bimbingan konseling, khususnya masalah keluarga.

Di dalam mobil yang didesain khusus dengan ruangan konseling lengkap dengan peralatan kesehatan itu juga disiapkan para ahli dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang akan menjawab keluhan warga dan memberikan solusi, terutama kesehatan dan keluarga.

"Dengan mobil ini, warga diharap bisa lebih terbuka dan mau menyampaikan keluhannya. Kepada para ahli yang ada di dalam mobil ini, warga bisa mengikuti konseling secara gratis," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, usai meresmikan peluncuran Mobil Curhat di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Minggu (6/7/2014).

Tak hanya itu, menurutnya, sumber daya manusia (SDM) yang ada dalam mobil tersebut merupakan ahli dengan latar belakang disiplin pendidikan sesuai dengan permasalahan sosial, psikologi, dan dokter.

Mobil anti galau ini, merupakan hasil kerja sama Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB yang ingin berpartisipasi untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan kesehatan masyarakat Kota Bogor.

"Ini sebagai bentuk pengabdian kami terhadap masyarakat. Kami bersyukur bisa mewujudkan ini. Petugas dalam Mobil Curhat ini bersedia tidak dibayar. Masyarkat yang mengikuti konseling, juga gratis," kata Wakil Dekan FEMA IPB, Prof Ir Ahmad Sulaeman di lapangan Sempur, Bogor. Ahmad Sulaeman mengatakan, ada empat ahli yang akan melayani masyarakat melalui mobil anti galau tersebut.

Di mobil anti galau tersebut, terdapat alat yang dinamakan Body Composition Analyzer. Yakni alat yang mampu mendeteksi indeks masa tubuh, kesehatan, ukuran lemak hingga mengukur usia fisiologis seseorang.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5828 seconds (0.1#10.140)