China dan Vietnam Kagum Indonesia Punya Alat Ukur Demokrasi

Jum'at, 04 Juli 2014 - 15:09 WIB
China dan Vietnam Kagum Indonesia Punya Alat Ukur Demokrasi
China dan Vietnam Kagum Indonesia Punya Alat Ukur Demokrasi
A A A
JAKARTA - Head Democratic Governance Poverty Reduction Unit UNDP PBB, Nurina Widagdo memuji pemerintah Indonesia yang mempunyai alat ukur demokrasi yang disebut indeks demokrasi Indonesia. Menurut Nurina, sebagai negara berkembang Indonesia adalah pioner yang mau membuat indeks demokrasi.

Indeks demokrasi Indonesia sudah dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) sejak 2009 silam. Ini membuat negara lain seperti China dan Vietnam kagum. Kedua negara tersebut ternyata belum memiliki indeks demokrasi.

"Indonesia ini jadi contoh negara lain, negara berkembang sudah mempunyai indeks demokrasi ya Indonesia. Vietnam bertanya bagaimana Indonesia punya alat mengukur demokrasi," ucap Nurina di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Jumat (4/7/2014).

Bukan hanya Vietnam, China juga tertarik ingin belajar pembentukan indeks demokrasi Indonesia. Indonesia diapresiasi China karena mau menilai kinerjanya sendiri.

"Salah satu apresiasi pemerintah berkemauan menilai kinerja sendiri. Berkembang maju Indonesia, Vietnam melirik Indonesia. Complicated ini memang sulit yaitu politiknya. Mau enggak sih mengukur kinerja. Tingkat daerah, gubernur mau enggak bupati dan wali kota juga dan Indonesia ternyata bisa," tutupnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3981 seconds (0.1#10.140)