Pemerintah Siap Atasi Kebakaran Hutan Akibat El Nino 2014

Selasa, 24 Juni 2014 - 03:09 WIB
Pemerintah Siap Atasi Kebakaran Hutan Akibat El Nino 2014
Pemerintah Siap Atasi Kebakaran Hutan Akibat El Nino 2014
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah mempersiapkan pesawat heli sikorsi, kamov dan pesawat hercules, cassa guna melakukan cloudy seeding dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan. Hal ini disebabkan perkiraan Badan Memtereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi el Nino 2014 menyebabkan kemarau panjang.

"El nino pada tahun ini akan memperburuk musim kemarau tahun ini. Dan akan mempengaruhi produksi pertanian serta potensi besar kebakaran hutan dan lahan gambut," kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono di kantornya, Jakarta, Senin 23 Juni 2014.

Menurut Agung, beberapa daerah yang memiliki potensi kebakaran hutan dan lahan seperti Riau, Sumatera Selatan (Sumsel), Sumatera Utara (Sumut), Jambi, dan seluruh derah di Kalimantan.

Dengan berbagai upaya kesiapan pemadaman sudah dipersiapkan oleh pemerintah. Melihat pengalaman beberapa waktu lalu telah terjadi kebakaran hutan di lahan, persiapan berikut dipersiapkan maksimal.

"Kebanyakan dari kebakaran yang lalu banyak lahan dibakar dengan sengaja. Maka pengawasan dari pihak kepolisian harus dapat ditingkatkan," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Agung, aparat hukum diminta tegas dalam menindak pihak-pihak hitam yang dengaja melakukan pembakaran lahan dan hutan. Kesiagaan pemadam juga harus dilakukan.

"Sekarang yang terpenting adalah penegakan hukum terhadapnpara pelaku dan pengusaha pembakar hutan yang daftarnya sudah ada du Gubernur dan kepolisian setempat. Karena di daerah Riau pelaku masih bebas melakukan aksinya," tegasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7262 seconds (0.1#10.140)