Pemerintah Akan Uji Coba UN SMP Online

Senin, 16 Juni 2014 - 06:01 WIB
Pemerintah Akan Uji Coba UN SMP Online
Pemerintah Akan Uji Coba UN SMP Online
A A A
JAKARTA - Mulai tahun depan (2015), pemerintah akan menguji coba ujian nasional (UN) SMP secara online. UN online atau daring ini akan menghemat anggaran dan lebih efisien.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam Zaman mengatakan, dalam pelaksanaannya nanti, server komputer akan berada di Jakarta.

Lalu penyelenggara sekolah harus menyiapkan komputer yang akan dipakai ujian. Anak-anak langsung mengerjakan soal yang terus dipantau jalannya ujian dari Jakarta.

“Jadi anak-anak di depan komputer mengerjakan soal, kemudian hasilnya kita langsung ambil dari sini (Jakarta). Saat itu juga kita langsung tahu nilainya,” kata Nizam Zaman di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Minggu 15 Juni 2014.

Nizam mengakui, dengan sistem daring dalam pelaksanaan UN SMP tersebut, Puspendik Kemendikbud akan bekerja lebih keras. Namun UN secara daring ini dinilai lebih efisien karena dapat menghemat anggaran dan hasilnya pun langsung bisa diketahui dengan cepat.

Perlu diketahui, anggaran UN 2014 mencapai Rp545 miliar. Mayoritas dana dipakai untuk penggandaan soal di delapan pencetakan, pemindaian, transportasi soal dan tim pengawas.

Untuk kesiapan teknologi informasi, Nizam menjelaskan, Indonesia telah memiliki Desa Berdering di seluruh tanah air. Desa Berdering sendiri ialah program penyambungan jaringan serta optik di seluruh tanah air yang dibangun Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Lalu jaringan serat optik tersebut akan dihubungkan ke komputer-komputer di sekolah. “Tidak harus jumlah komputernya sama dengan jumlah siswa. Bisa bergantian. Soal bisa kita acak, kita ganti,” jelasnya.

Selain itu Puspendik juga telah berkoordinasi Ditjen Pendidikan Dasar (Dikdas) Kemendikbud dan Pusat Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Kemendikbud yang siap mendukung pelaksanaan UN SMP secara daring.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0397 seconds (0.1#10.140)