Dukung Sultan HB X jadi capres, warga Yogya bagi-bagi tumpeng

Minggu, 18 Mei 2014 - 13:44 WIB
Dukung Sultan HB X jadi capres, warga Yogya bagi-bagi tumpeng
Dukung Sultan HB X jadi capres, warga Yogya bagi-bagi tumpeng
A A A
Sindonews.com - Sri Sultan Hamengku Buwono X diwacanakan menjadi salah satu kandidat Capres 2014 2019. Meski baru wacana, sudah ada dukungan mengalir untuk Gubernur DIY yang menjabat sejak 1998 tersebut.

"Kami sangat mendukung 100 persen ngarso dalem (Sultan HB X) menjadi Capres 2014," kata Arie Yanitra, koordinator massa aksi Jaringan Rakyat Yogya di depan Gedung Agung Yogyakarta, Minggu (18/5/2014).

Mereka memotong tumpeng nasi kuning dan dibagi-bagikan kepada masyarakat. Prosesi itu sebagai wujud kerelaan Sultan HB X untuk memimpin negeri ini. "Hanya Sultan yang layak memimpin negeri ini," ulasnya.

Arie menyampaikan, Sultan dan Yogyakarta sudah membuktikan punya sejarah panjang dalam pendirian Republik Indonesia. "Sultan punya kapasitas, jangan hanya diikat menjadi Gubernur," imbuhnya.

Dukungan Sultan HB X maju sebagai kandidat Capres bukan hal baru. Lima tahun lalu, 2009 tepatnya sudah ada rencana pencapresan Sultan HB X dari Partai Golkar. Namun, rencana itu kandas setelah Partai Golkar memilih Jusuf Kalla - Wiranto. "Rakyat Yogya sudah berkeinginan Sultan HB X maju sebagai Capres sejak 2009, wacana Sultan HB X sebagai Capres 2014 bukan sesuatu yang baru," tambahnya.

Arie menilai Sultan HB X memiliki figur yang bersih dari noda politik. Selain itu, kehebatannya memimpin Yogyakarta terbukti dengan menjadi pengayom dan pelindung masyarakat. "Tidak hanya sekadar pencitraan, namun secara riil, Sultan itu pemimpin besar," pujinya.

Arie yakin, jika Sultan HB X berkompetisi dalam Pilpres 2014, bakal jadi pemenang. "Sultan HB X sudah teruji, beliau bisa memenangkan Capres 2014," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7167 seconds (0.1#10.140)