Tanggapan Jimly soal pengganti Akil dan Harjono

Kamis, 06 Maret 2014 - 20:10 WIB
Tanggapan Jimly soal pengganti Akil dan Harjono
Tanggapan Jimly soal pengganti Akil dan Harjono
A A A
Sindonews.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Assidiqie mengucapkan selamat kepada dua orang anggota hakim konstitusi yang baru, Wahiduddin Adams dan Aswanto, yang terpilih oleh Komisi III DPR, untuk menggantikan posisi Harjono dan Akil Mochtar.

"Saya mengucapkan selamat, pada dua calon hakim konstitusi yang sudah terpilih oleh DPR," kata Jimly di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (6/3/2014).

Menurut Jimly, salah satu suksesi Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 nanti adalah, dengan mengisi kekosongan dua anggota Hakim MK yang sebelumnya diisi oleh Harjono dan Akil Mochtar. "Sehingga kedudukan dan peran dari MK sukses 2014, bisa kita pastikan dia (MK) tidak akan mengalami kevakuman anggota," pungkasnya.

Untuk diketahui, Komisi III menyetujui Wahiduddin Adams bersama Aswanto sebagai hakim konstitusi untuk menggantikan Harjono dan Akil. Keduanya terpilih setelah diadakan pemungutan suara. Wahiduddin Adams memperoleh 46 suara, sedangkan Aswanto memperoleh 23 suara.

Selanjutnya persetujuan itu pun dibawa ke sidang paripurna untuk disahkan sebagai keputusan DPR. Dua nama terpilih itu dari empat nama calon hakim yang diusulkan oleh tim pakar seleksi hakim konstitusi kepada Komisi III. Keempat nama calon hakim konstitusi yang diusulkan tim pakar itu adalah Atip Latipulhayat, Aswanto, Ni'matul Hudan dan Wahiduddin Adams.

Wahiduddin Adams & Aswanto terpilih jadi hakim konstitusi
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6386 seconds (0.1#10.140)