Polisi: ACT Potong Dana Rp450 Miliar dari Total Rp2 Triliun

Jum'at, 29 Juli 2022 - 19:38 WIB
loading...
Polisi: ACT Potong Dana Rp450 Miliar dari Total Rp2 Triliun
Polri mengungkapkan Rp450 miliar dari total dana Rp2 triliun digunakan untuk operasional ACT. Foto: MNC/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Polisi telah menetapkan empat tersangka kasus dugaan penyalahgunaan dana sumbangan masyarakat melalui Yayasan Aksi Cepat Tanggap ( ACT ). Keempat tersangka juga diperiksa penyidik Bareskrim Polri pada Jumat (29/7/2022) hari ini.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, berdasarkan hasil penyelidikan terbaru, polisi menemukan fakta lain terkait aliran dana ACT.

"Selain Rp103 miliar, penyidik juga menemukan fakta bahwa yayasan ini mengelola dana umat yang nilainya sebesar kurang lebih Rp 2 triliun, atas dana tersebut dari Rp 2 triliun, dilakukan pemotongan sebesar kurang lebih Rp450 miliar," ujar Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Pusat, Jumat (29/7/2022).



Menurut Ramdhan, dana tersebut dipotong guna memenuhi kebutuhan operasional. "Dengan alasan operasional, di mana sumber anggaran operasional didapat dari pemotongan yang dilakukan oleh pengurus yayasan," tambahnya.

Sehingga, kata Ramadhan, total donasi yang masuk ke yayasan ACT dari tahun 2005 sampai tahun 2020 sekitar Rp 2 triliun. Serta, dari Rp2 triliun ini dipotong senilai Rp 450 miliar atau sekitar 25 persen dari seluruh total yang dikumpulkan.

"Sekali lagi keempat tersangka sampai saat ini masih dilakukan pemeriksaan oleh penydik di Barskrim," paparnya.



Diketahui, Diketahui sebelumnya, empat petinggi ACT yang diperiksa hari ini adalah Ahyudin (A) selaku mantan presiden dan pendiri ACT, Ibnu Khajar (IK) selaku presiden ACT saat ini; Hariyana Hermain (HH) selaku Pengawas Yayasan ACT pada 2019 dan saat ini sebagai Anggota Pembina ACT serta Novariadi Imam Akbari (NIA) selaku mantan sekretaris yang saat ini menjabat Ketua Dewan Pembina ACT.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)