Beri nasihat menteri soal pemilu, SBY dinilai galau

Jum'at, 17 Januari 2014 - 08:02 WIB
Beri nasihat menteri soal pemilu, SBY dinilai galau
Beri nasihat menteri soal pemilu, SBY dinilai galau
A A A
Sindonews.com - Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat membuka rapat kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis 16 Januari 2014, dikritik.

Pernyataan yang dimaksud yakni, imbauan Presiden SBY agar para Menteri dari partai politik (parpol), untuk taat pada peraturan Pemilu 2014.

Selain itu, SBY juga menegaskan, menteri yang berasal dari parpol harus mengetahui tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam pelaksanaan Pemilu 2014.

Menanggapi hal itu, pengamat politik dari Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo mempertanyakan, mengapa sampai Presiden SBY mengeluarkan pernyataan itu dalam sidang kabinet dan apa latarbelakang yang mendasari pernyataan itu.

"Dari ungkapan presiden, secara normatif dapat dianalisis, ada kegalauan dalam benak presiden terhadap sikap para menteri terutama yang berasal dari parpol terkait Pemilu 2014," kata Karyono kepada Sindonews, Kamis 16 Januari 2014, malam.

Lebih lanjut dia menuturkan, selain menteri dari parpol, pernyataan SBY itu juga ditujukan kepada pejabat negara lainnya yang memiliki kepentingan dengan pemilu.

"Bisa jadi, presiden memiliki penilaian sendiri tentang perilaku para pejabat negara yang mungkin menurut penilaian presiden, ada sebagian dari pejabat negara yang tidak lagi fokus pada tugasnya karena disibukkan oleh kepentingan politik 2014," ucapnya.

SBY minta menteri asal parpol beri teladan
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5520 seconds (0.1#10.140)