ICW nilai parpol kerap usung kader bermasalah

Jum'at, 27 Desember 2013 - 17:18 WIB
ICW nilai parpol kerap usung kader bermasalah
ICW nilai parpol kerap usung kader bermasalah
A A A
Sindonews.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai, saat ini seluruh partai politik (parpol) yang akan mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang, tidak sedikit mengusung figur yang bermasalah untuk menjadi kepala daerah.

"Saya rasa parpol juga memaksakan dan mengusung figur yang bermasalah," kata aktivis ICW, Abdullah Hamid di Kantor ICW, Jalan Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Jumat (27/12/2013).

ICW menambahkan, seluruh parpol saat ini hanya memikirkan tujuan jangka pendek untuk mencapai puncak kekuasaan kepala daerah, tanpa melihat rekam jejak kepala daerah yang akan diusung.

"Serta memaksakan mengusung orang yang rekam jejaknya pernah melakukan korupsi. Parpol kita hanya memikirkan tujuan jangka pendek," ungkapnya.

Terlebih dalam kasus Hambit Bintih, seorang kepala daerah yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), untuk menjadi Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, periode 2013-2018.

ICW berharap, ke depan seluruh parpol lebih ketat dalam menyaring kader yang akan diusung sebagai kepala daerah suatu wilayah dan memastikan rekam jejaknya bersih dari kasus korupsi.

KPU ingatkan parpol akan bahaya politik uang
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4386 seconds (0.1#10.140)