Amankan Natal, Polda Sulselbar kerahkan Tim Jibom

Senin, 23 Desember 2013 - 09:19 WIB
Amankan Natal, Polda Sulselbar kerahkan Tim Jibom
Amankan Natal, Polda Sulselbar kerahkan Tim Jibom
A A A
Sindonews.com - Aparat Kepolisian mulai melakukan sterilisasi pengamanan seluruh gereja di Kota Makassar pada 24 Desember 2013, atau H-1 jelang puncak Perayaan Natal.

Pengamanan rumah ibadah tersebut untuk memastikan terjaminnya keamanan seluruh jemaat, yang melakukan perayaan Natal pada akhir tahun ini.

Bahkan, polisi menerjunkan seluruh peralatan deteksi bahan peledak dan senjata api, di setiap pintu masuk atau pun pintu keluar rumah ibadah.

Peralatan tersebut diantaranya security door, metal detektor, dan MD-2000 di setiap pintu gereja. Seluruh jemaat pun wajib melalui serangkaian alat deteksi sebelum beribadah.

Selain itu, Tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Sulselbar pun disiagakan di sejumlah gereja, yang dianggap rawan terhadap aksi terorisme.

"Sampai sekarang kami terus berkomunikasi dengan panitia di setiap gereja. Hal yang jelas, pada 24 Desember nanti, kami mulai sterilisasi pengamanan di seluruh gereja," ujar Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polrestabes Makassar AKBP M Ridwan, Senin (23/12/2013).

"Pengamanan di setiap gereja itu hingga radius satu kilometer. Jadi, ada beberapa jalur yang dibuka tutup pada Hari Natal," tambahnya.

Diketahui, dalam operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru 2014, sedikitnya melibatkan 3.372 personel Polri dan 435 personel TNI.

Khusus di Kota Makassar, polisi akan membuat 12 pos pengamanan yang berada di jalur-jalur rawan. Selain itu, didirikan juga pos pelayanan di enam titik.

Sedangkan dari 3.211 gereja di Sulsel yang diamankan aparat Kepolisian, 137 gereja berada di wilayah Kota Makassar.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6625 seconds (0.1#10.140)