NU layak dapat tempat terhomat dalam sejarah

Senin, 09 Desember 2013 - 02:00 WIB
NU layak dapat tempat terhomat dalam sejarah
NU layak dapat tempat terhomat dalam sejarah
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Muhaimin Iskandar menyatakan, peran NU dalam perjuangan kemerdekaan pantas mendapatkan tempat terhormat dalam sejarah.

"Terutama saat Hadratusyaikh KH Hasyim Asyary mengeluarkan fatwa Resolusi Jihad dan memantapkan Laskar Hisbullah sebagai laskar perjuangan kaum santri,” ujarnya, dalam pesan elektroniknya, Minggu (8/12/2013).

Hingga kini, perjuangan dan semangat KH Hasyim masih terasa. Hal itu tertangkap jelas dalam film Sang Kyai yang berhasil meraih empat Piala Citra, di Festival Film Indonesia 2013.

"Film Sang Kyai harus menjadi titik tolak kaum Nahdliyin, untuk mensyiarkan kembali peran KH Hasyim Asyari dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa," ungkapnya.

Lebih jauh, pria yang akrab disapa Cak Imin ini menganjurkan kepada segenap kaum Nahdliyin sebagai tontonan wajib. Karena, berisi tentang kisah perjuangan dan keteladanan yang dapat menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan.

"Ada tiga hal penting yang patut diteladani dalam film Sang Kyai. Pertama, ulama NU harus bersikap fleksibel, namun tegas dalam konteks berbangsa, bernegara, dan menegakkan ajaran agama," tukasnya.

Atas hal itu, Cak Imin menyambut positif film Sang Kyai sebagai satu kisah yang mengabadikan perjuangan tokoh besar NU. Lebih jauh, dia berharap kaum Nahdliyin dapat mengambil hikmah dalam film tersebut.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5182 seconds (0.1#10.140)