Mahfud MD: Pemerintahan tak efektif jika Presiden tersandera

Senin, 02 Desember 2013 - 18:57 WIB
Mahfud MD: Pemerintahan tak efektif jika Presiden tersandera
Mahfud MD: Pemerintahan tak efektif jika Presiden tersandera
A A A
Sindonews.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai, peran dan fungsi pemerintahan saat ini kurang efektif. Hal itu terjadi lantaran banyaknya lembaga negara dengan jumlah yang begitu banyak, meski tugas dan fungsi masing-masing terlihat jelas.

"Padahal, dalam sistem negara manapun hanya memiliki dua kekuatan lembaga negara, sementara di sini (Indonesia) begitu banyak lembaga negara, ini salah satu faktor kenapa pemerintahan kita kurang efektif," bebernya, dalam sebuah diskusi di Gedung MPR, Jakarta, Senin (2/12/2013).

"Pemerintahan kita juga tidak compatible karena sistem kepartaian kita terlalu gemuk (banyak), makanya sejak dulu saya sepakat jika ada wacana penyederhanaan partai di parlemen," tambahnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemerintah juga cenderung kurang efektif manakala dipimpin oleh sosok pemimpin yang sebenarnya tersandera oleh masa lalunya. "Makanya, untuk melihat apakah sosok pemimpinan itu kompeten atau tidak bergantung pada bagaimana dia di masa lalu atau yang lebih dikenal dengan rekam jejak," papar Mahfud.

"Tak hanya itu, pemerintahan kita juga tidak akan efektif jika dipimpin oleh sosok yang tersandera dengan transkasi kekinian, yang sudah dibeli kekuasannya sebelum menduduki jabatan tersebut," tandasnya.

Digadang jadi capres, Cak Imin sanjung Mahfud MD
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5607 seconds (0.1#10.140)