Politik

Mendagri resmikan 3 kabupaten baru

Selasa,  29 Oktober 2013  −  17:22 WIB
Mendagri resmikan 3 kabupaten baru
Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi (Dok. SINDOphoto).

Sindonews.com - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi meresmikan tiga kabupaten baru yang lahir beberapa bulan saja jelang Pemilu 2014. Kabupaten tersebut adalah Morowali Utara, Konawe Kepulauan, dan Musi Rawas Utara.

Dikutip dari laman kemendagri.go.id, menyusul peresmian tiga kabupaten tersebut, Gamawan juga melantik tiga pejabat daerah di kabupaten tersebut yakni Abdul Haris Rengah dilantik menjadi Penjabat Bupati Morowali Utara, sebelumnya ia menjabat Staf Ahli Gubernur Sulawesi Tengah.

Penjabat Bupati Konawe Kepulauan, Moh Nur Sinapoi, sebelumnya ia menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe. Penjabat Bupati Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, Akisropi Ayub, sebelumnya ia menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Empat Lawang.

Gamawan menjelaskan, tiga kabupaten yang diresmikan itu merupakan bagian dari 15 daerah otonomi baru (DOB) yang telah disetujui pemerintah dan DPR. "Itu bagian dari 15 DOB yang disetujui, dan saat ini masih tersisa empat DOB yang sudah diajukan," jelas Gamawan kepada Sindonews, Selasa (29/10/2013).

Saat ini kabupaten baru tersebut telah memiliki pejabat bupati untuk menjalankan pemerintahan daerah di wilayah pemerintahan kabupaten tersebut.

SBY akan analisa pembentukan DOB Garut Selatan


(lal)

views: 1.179x

 

shadow