KPU minta Bawaslu tak cari sensasi

Senin, 28 Oktober 2013 - 16:40 WIB
KPU minta Bawaslu tak cari sensasi
KPU minta Bawaslu tak cari sensasi
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), agar memberikan data lengkap terkait daftar pemilih bermasalah. Sehingga, mempermudah petugas daftar pemilih (Pantarlih) di lapangan.

Menurut komisioner KPU Ida Budhiati, harusnya yang di kedepankan Bawaslu bukan eksistensi terkait dua lembaga berbeda, yakni KPU dan Bawaslu. Tetapi, kata dia, Bawaslu harus menyerahkan data riil kepada KPU.

"Kalau patokannya eksistensi itu, ya jadi susah mengukurnya. Kami kan butuh by name by addres (data pemilih) lengkap dari Bawaslu," kata Ida, di Gedung MNC Tower, Jakarta, Senin (28/10/2013).

Lebih lanjut, kata Ida, apa yang menjadi rekomendasi Bawaslu kini mulai dikerjakan oleh petugas KPU di lapangan. Hal itu sudah dilakukan KPU, setelah diputuskan waktu penundaan penetapan DPT beberapa waktu lalu.

"Temen-temen kami di daerah sedang mencermati. Nanti kami lihat progresnya seperti apa. Kami mengupayakan untuk mengkonfirmasi ulang kepada KPU kabupaten/kota," ujarnya.

Selain itu, kata Ida, daftar pemilih bermasalah yang dimiliki Bawaslu saat ini, sedang dilakukan perbaikan dan pemutakhiran oleh petugas pemilu. Waktu tersisa dua minggu, akan dimanfaatkan KPU untuk mengkroscek ulang hingga ketingkat kabupaten/kota.

"Waktu yang tepat untuk KPU mengkonfirmasi data. Dikonfirmasi ulang, misalnya data format compatible dengan sistem data kami (Sidalih)," imbuhnya.

KLik di sini untuk berita terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5122 seconds (0.1#10.140)