Mengajak kebaikan tidak dengan kekerasan

Kamis, 24 Oktober 2013 - 02:29 WIB
Mengajak kebaikan tidak dengan kekerasan
Mengajak kebaikan tidak dengan kekerasan
A A A
Sindonews.com - Dakwah merupakan kewajiban rutin umat Islam untuk mengajak manusia kepada kebaikan. Namun sayang, selama ini banyak cara berdakwah yang dilakukan orang ataupun kelompok tertentu yang lepas dari esensi Islam, yakni dengan menggunakan cara-cara yang salah.

“Sering kita lihat, ada orang mengajak kepada kebaikan dengan cara yang kasar. Ini yang salah dan harus diperbaiki, karena berdakwah itu menyangkut keyakinan, sehingga harus melalui kesadaran orang yang diajak tersebut,” kata Hasyim Muzadi di Hotel Pandanaran, Semarang, Jawa Tengah, Rabu 23 Oktober 2013.

Menurut Hasyim, orang yang masuk Islam karena takut atau karena terpaksa, itu dianggap tidak sah. Untuk itu, upaya teror dan kekerasan yang selama ini dilakukan oleh sekelompok orang, tidak akan pernah ada gunannya.

“Untuk apa kita berdakwah dengan cara yang kasar? Tidak ada gunanya. Mari kita kembali pada cara dakwah para leluhur, dimana selalu mengedepankan local wisdom (kearifan lokal) dalam setiap ajakan dakwahnya,” imbuhnya.

Local wisdom imbuh dia, sangat penting kembali diterapkan saat ini oleh para ulama di Indonesia. Sebab cara itu diakuinya ampuh untuk mengajak kebaikan dengan cara pendekatan baik sosial maupun budaya.

“Tidak seperti sekarang, banyak yang ngawur. Berteriak takbir untuk menyerang orang lain. Itu tepat materi tapi tidak tepat caranya. Ini yang menjadi PR (pekerjaan rumah) kita bersama dan harus segera dikembalikan,” pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0700 seconds (0.1#10.140)