Hukum

Wawan, pengusaha SPBU, karaoke, hingga kapal pesiar

Senin,  14 Oktober 2013  −  11:13 WIB
Wawan, pengusaha SPBU, karaoke, hingga kapal pesiar
TB Chaeri Wardana (Dok. Okezone).

Sindonews.com - Pengusaha besar, begitu gambaran yang bisa dilihat dari sosok TB Chaeri Wardana (TCW) alias Wawan. Pasalnya omzet usaha yang dimiliki pemilik PT Bali Pasific Pragama ini diperkirakan lebih dari Rp250 miliar.

Pantas saja, Wawan memiliki rumah seluasnya 4.000 m2 di Jalan Denpasar IV No 35 Setiabudi, Jakarta Selatan, dengan nilai lebih dari Rp5 miliar. Kepemilikan rumah ini bersama istrinya yakni Airin Rachmi Diany.

Di salah satu bagian rumah tersebut ada garasi yang berisikan 11 mobil mewah mulai dari sedan Ferari, Rolls Royce hingga Lamborgini serta Harley Davidson jenis Sportster. Jika ditotal nilai 11 mobil dan motor itu lebih dari Rp25 miliar.

Selain itu, Wawan juga diduga mengucurkan dana sekitar Rp70 miliar saat Airin mengikuti Pemilukada Wali Kota Tangerang Selatan pada 2010 (putaran I)-2011 (pemungutan suara ulang).

Lantas, dari mana semua uang atau sumber dana kekayaan yang dimiliki Wawan tersebut?

Dalam penelusuran SINDO ditemukan fakta bahwa adik kandung Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah ini sebagian besar dalam bidang penyewaan kamar kos, infrastruktur, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), karaoke bar, hingga kapal pesiar.

Seorang sumber menyebutkan usaha Wawan. Sudah sejak lama perusahaan Wawan menangani proyek infrastruktur pemerintah daerah Provinsi Banten dan kabupaten/kota se-Banten. Baik seperti hotmix/pengaspalan jalan maupun pembangunan kantor-kantor pelayanan semacam rumah sakit (RS) atau puskesmas.

"Kalau di Banten soal proyek infrastruktur, pengadaan-pengadaan, yang milyaran semua di-handle TCW. Proyek infrstruktur, hotmix aspal jalan dan pembangunan kantor-kantor pelayanan (RS Puskesmas) se-Banten TCW yang menentukan," ungkap seorang sumber.

Selain bidang infrastruktur, tersangka kasus dugaan suap pengurusan sengketa Pemilukada Lebak, Banten, di Mahkamah Konstitusi (MK) ini turut merambah bisnis lain. Wawan mampu memperoleh tambahan penghasilan dari usaha penyewaan papan-papan bilboard untuk iklan di tanah Banten.

"Sampai ke bilboard-bilboard, dan SPBU-SPBU," ungkap sumber itu dengan meyakinkan.

SPBU yang dimiliki Wawan tersebar di delapan kota/kabupaten di Banten. Lebih banyak SPBU-nya terletak di Kota Serang. "Salah satunya di simpang empat dekat kantor Pemda Provinsi Banten," ujarnya.

Bisnis Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) ini tidak sampai di situ saja. Pemiliki gelar B.Bus dari Australia ini juga mencakup usaha penyewaan kamar kos dan apartemen. Wawan diduga memiliki apartemen di Pasific Place, Jakarta Selatan, dan beberapa ruang karaoke bar di Casablanca Mall, Jakarta Selatan.

"TCW juga punya apartemen yang disewa-sewa di Pasific Place, beberapa room karaoke bar juga ada di Casablanca. Kontrakan bentuk asrama mahasiswa di Cihelang Dago Bandung," jelasnya.

Terakhir yang cukup mencenggangkan, Wawan diketahui memiliki perusahaan kapal pesiar. Sebagai gubernur 'swasta' Banten, Wawan punya banyak kemungkinan mengembangkan bisnisnya kemana pun.

"TCW juga punya perusahaan kapal pesiar. TCW enggak ada (modal). TWC kalau bahasa hukumnya money laundring, modalnya (usahanya) dari APBD, APBN, diputar-diputar," tandas sumber.

Baca juga berita Wawan jadi ketua kelas proyek untuk teman SMA.


(lal)

views: 3.031x

 

shadow