Video kecurangan Pilkada Luwu beredar

Jum'at, 27 September 2013 - 12:14 WIB
Video kecurangan Pilkada Luwu beredar
Video kecurangan Pilkada Luwu beredar
A A A
Sindonews.com - Rekaman video kecurangan yang terjadi pada pelaksanaan Pilkada Luwu di Desa Sinaji, Kecamatan Bastem beredar luas di masyarakat.

Video berdurasi hampir dua menit itu mempelihatkan seluruh penyelenggara pemilu di desa tersebut termasuk kecurangan yang disaksikan oleh kepala desa setempat.

Rekaman video itu diperoleh dari salah seorang saksi calon bupati no urut tiga yakni pasangan Basri Suli - Thomas Toba.

Dalam rekaman itu, terlihat dari awal hingga akhir pencoblosan. Tampak, anggota KPPS keluar masuk bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Setiap warga yang tidak datang memilih ke TPS maka surat suaranya dicoblos oleh anggota KPPS. Anggota KPPS itu juga terlihat mempengaruhi warga untuk mencoblos gambar calon tertentu.

"Memang tidak diketahui nomor berapa yang coblos, tapi dari hasil perolehan suara di TPS tersebut pasangan Andi Mudzakkar-Amru Saher menang mutlak," ujar salah seorang warga, Jumat (27/9/2013).

Rekaman video itu juga membuktikan aparat keamanan utamanya Polres Luwu dan TNI AD yang ditugaskan mengamankan jalannya pemungutan suara tidak netral. Aparat keamanan dinilai melakukan pembiaran kesalahan fatal.

Rekaman video yang beredar itu dijadikan alat bukti pasangan Basmin Mattayang-Syukur Bijak untuk menempuh jalur hukum di Mahkamah Konstitusi (MK).

Mattayang akan menggugat hasil Pilkada Luwu itu, karena terjadi kecurangan secara sistematis dan berlaku di seluruh Kecamatan Bastem.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 7.0887 seconds (0.1#10.140)