Perbedaan Lampu LED, HID, dan Halogen, Mana yang Lebih Terang?

Jum'at, 27 Mei 2022 - 22:01 WIB
loading...
Perbedaan Lampu LED, HID, dan Halogen, Mana yang Lebih Terang?
Lampu LED, HID, dan Halogen. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Seiring dengan kemajuan teknologi, kini semakin banyak jenis lampu yang digunakan pada mobil. Setidaknya ada tiga lampu yang populer di kalangan masyarakat, yaitu lampu LED, lampu HID, dan lampu haloge n.



Lampu-lampu ini jelas memiliki karakteristiknya masing-masing. Nah buat kaliam yang belum tau perbedaan ketiganya? Berikut ini kami sajikan informasi lengkapnya, seperti dilansir dari blog Auto2000, Jumat (27/5/2022):

1. Lampu LED

Lampu LED (light emitting diode) sering ditemukan pada mobil-mobil baru. Ciri khasnya adalah warna lampu yang bersinar putih dan berkas cahaya yang menyerupai bentuk kotak.

Cahaya dari jenis lampu LED dihasilkan dari chip elektronik semi konduktor yang dilengkapi hambatan. Sumber utamanya adalah dioda yang tidak mengeluarkan panas.

Kelebihan dari penggunaan lampu LED mobil terletak pada daya tahannya. Selain itu, lampu LED juga tidak menghasilkan panas sehingga relatif lebih ramah lingkungan.

Dengan adanya kelebihan ini, maka aki mobil jadi tidak terlalu boros. Namun tentu saja dengan semua keunggulan yang ada, harga lampu LED mobil terbilang lebih mahal dari yang lainnya.

2. Lampu HID

Lampu HID (high intensity discharge) terbuat dari material gas dan logam. Cahaya dari lampu HID berasal dari sebuah busur listrik yang terbentuk dari dua elektroda di dalam sebuah plasma atau terkadang tabung gas terionisasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)