Kepala daerah diimbau maksimalkan peran Kominda

Senin, 09 September 2013 - 16:46 WIB
Kepala daerah diimbau maksimalkan peran Kominda
Kepala daerah diimbau maksimalkan peran Kominda
A A A
Sindonews.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi berpesan kepada gubernur, bupati atau wali kota se-Indonesia, selaku Ketua Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) agar berperan aktif mengkoordinasikan dan mengoperasionalkan Kominda.

Hal itu dikatakan Gamawan terkait makin dekatnya Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. "Jaga kekompakan, keharmonisan dan sinergitas antar anggota Kominda," kata Gamawan dalam sambutannya di acara pembukaan rapat koordinasi nasional komunitas intelijen daerah tahun 2013, di Jakarta, Senin (9/9/2013).

Selain itu, ia berpesan kepada para kepala daerah tersebut, untuk meningkatkan kewaspadaan dini, deteksi dini, cegah dini dan lapor cepat terhadap potensi kerawanan menjelang Pemilu 2014, dengan memberdayakan instrumen yang ada seperti media massa.

Menurutnya, hal itu sebagai langkah dalam membangun sistem peringatan dini dalam upaya pencegahan konflik sosial sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang penanganan konflik sosial. "Informasi perkembangan situasi Kamtibmas di daerah untuk segera dilaporkan kepada Menteri Dalam Negeri pada kesempatan pertama," tuturnya.

Disamping itu, dia juga berpesan agar para kepala daerah menindaklanjuti hasil Ra[at Koordinasi Nasional (Rakornas) Kominda tahun 2013 ini, khususnya hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan tahapan Pemilu 2014.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3441 seconds (0.1#10.140)