Politik

PKPU Nomor 15/2013 buat kampanye lebih adil

Jum'at,  6 September 2013  −  10:28 WIB
PKPU Nomor 15/2013 buat kampanye lebih adil
Ilustrasi, (SINDOphoto).

Sindonews.com - Ketua Harian Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) Partai Amanat Nasional (PAN), Putra Jaya Husin menyambut positif Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 tahun 2013 tentang perubahan pertama atas PKPU Nomor 1 Tahun 2013 mengenai Pedoman Pelaksanaan Kampanye.

"Setiap peraturan selalu ada pro dan kontra, karena tidak menutup merugikan pihak tertentu. Semua peraturan sifatnya begitu, karena peraturan kan mengatur hak dan kewajiban," kata Putra saat dihubungi wartawan, Jumat (6/9/2013).

Menurutnya, dengan adanya peraturan itu maka pertarungan kampanye di Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 akan lebih adil karena adanya batasan penggunaan alat peraga.

"Saya melihat ini ada upaya untuk membuat pertarungan lebih fair antara kandidat yang memiliki pendanaan kuat dengan kandidat yang memiliki pendanaan terbatas," terangnya.

"Makin rendah level playing-nya, akan makin rendah batas maximumnya. Apakah fair pertandingannya? Misalnya satu desa, satu spanduk. Saya pikir aktivis kita, para tokoh gerakan kita yang terbatas pendanaannya, tapi memiliki idealisme tinggi, itu masih sanggup bertarung," sambungnya.

Dengan adanya pembatasan itu, maka calon anggota legislatif (caleg) diharapkan bisa memanfaatkan cara lain untuk menyampaikan visi dan misinya termasuk dengan cara blusukan. "Ini katanya lebih berkeadilan dan membuat caleg kita mendatangi masyarakat, blusukan. Ada door to door, ada komunikasi langsung dengan masyarakat sambil menyerap aspirasi mereka," tuntasnya.


(maf)

views: 3.128x

 

shadow