Helmy klaim MoU dengan PT efektif perbaiki PDT

Senin, 26 Agustus 2013 - 15:57 WIB
Helmy klaim MoU dengan PT efektif perbaiki PDT
Helmy klaim MoU dengan PT efektif perbaiki PDT
A A A
Sindonews.com - Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), Helmy Faishal Zaini, mengklaim selama ini pihaknya banyak bekerjasama dengan perguruan tinggi (PT) negeri dan swasta dalam rangka memperbaiki daerah tertinggal. Hasilnya dinilai cukup efektif.

"Itu sangat efektif," kata Hemly usai menerima gelar honoris causa di Kampus UIN Sunan Gunung Djati, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (26/8/2013).

Banyak MoU yang dijalin antara Kementerian PDT dan perguruan tinggi. "Banyak sekali MoU baik itu KKN tematik maupun pengembangan teknologi tepat guna. Intinya adalah tidak lagi ada kesenjangan," jelasnya.

Bentuk kerjasama itu misalnya memberikan keterampilan bagi masyarakat di daerah tertinggal agar bisa bersaing dengan daerah lain.

"Yang sederhana misalnya ada satu perguruan tinggi yang bisa mengembangkan teknologi pengolahan jagung (di daerah terpencil). Masyarakat yang dulu jual jagung Rp2.000 hingga Rp2.200, dengan alat pengolahan ini sudah bisa menjual Rp9.000 sampai Rp10.000," tutur Helmy.

Ada juga pengiriman guru ke daerah terpencil dan penyebaran mahasiswa untuk memberikan berbagai keterampilan ke masyarakat di daerah terpencil. "Saya banyak juga mengajak perguruan tinggi untuk membina masyarakat di daerah perbatasan, di daerah tertinggal," ujarnya.

Cara seperti itu dinilai akan berdampak positif untuk membentuk karakter atau kepribadian masyarakat. "Jadi kalau ada orang yang berpikir bahwa pembangunan ini semata-mata adalah infrastruktur fisik tapi tidak disertai dengan pembangunan pembentukan kepribadian, maka yang terjadi akan pincang," tandas Helmy.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4450 seconds (0.1#10.140)