Sosial & Budaya

Wujud kurikulum 2013 belum utuh

Selasa,  13 Agustus 2013  −  00:04 WIB
Wujud kurikulum 2013 belum utuh
Ilustrasi, (SINDOphoto).

Sindonews.com - Konsep kurikulum 2013 yang telah dilaksanakan sejak tahun ajaran 2013/2014 dinilai belum utuh. Perubahan yang terjadi belum sistematik.

Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya ketidaksesuaian yang terjadi pada implementasi kurikulum baru ini.

"Saya melihat, implementasi kurikulum 2013 yang sekarang ini hanya metodologi pembelajarannya saja yang berubah," kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab, di Yogyakarta, Senin (12/8/2013).

"Padahal yang namanya kurikulum itu adalah sistem pendidikan. Kalau kurikulum berubah berarti sistemnya berubah, tentu mencakup semua hal mulai dari kontennya, metodenya, alat atau media pembelajarannya sampai evaluasinya," imbuhnya.

Rochmat menuturkan, pelaksanaan kurikulum harus utuh dan tidak boleh bercampur dengan kurikulum lain atau sebelumnya. Namun yang terjadi dalam implementasi kurikulum 2013 saat ini justru tidak demikian.

"Memang pelaksanaannya harus bertahap, tapi bertahap pun harus secara utuh. Untuk SMA dan SMK saja hanya tiga mata pelajaran yang diajarkan dengan kurikulum baru, pelajaran lainnya masih kurikulum lama. Belum lagi kesan menyamakan pelajaran di SMA dan SMK, padahal keduanya jelas berbeda," imbuhnya.


(maf)

views: 1.775x

 

shadow