Menko Polhukam: Tempat ibadah selalu jadi sasaran teror

Senin, 05 Agustus 2013 - 12:27 WIB
Menko Polhukam: Tempat ibadah selalu jadi sasaran teror
Menko Polhukam: Tempat ibadah selalu jadi sasaran teror
A A A
Sindonews.com - Ledakan benda yang diduga bom di Wihara Ekayana Jalan Mangga II/8 RT 08/08 Kelurahan Duri Kepa, Jakarta Barat, Minggu 4 Agustus 2013 sekira pukul 18.50 WIB, masih diusut oleh Kepolisian.

Menurut Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto, jenis bom yang ada peluru bulatnya, metal dan logam sedang diusut.

"Nanti dari situ kan bisa dirangkai dan bisa juga diverifikasi dengan temuan-temuan terdahulu. Motif dan pola itu selalu kadang-kadang sama. Jadi, belum bisa diambil kesimpulan apa. Tapi, berangkat dari situ cari clue dari bukti yang ada," ungkap Djoko saat mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2013).

Djoko menambahkan, sebenarnya Operasi Ketupat 2013 yang diselenggarakan Polri tidak hanya menjaga arus mudik lebaran saja. Tapi, juga menjaga beberapa objek vital, serta tempat-tempat ibadah. "Kita sudah menjaga tempat ibadah, tapi selalu ada tindakan teror. Mereka (terorisme) itu selalu mencari peluang di mana Kepolisian atau aparat dan masyarakat yang lengah," tegas Djoko .

Mantan Panglima TNI ini menambahkan, masyarakat juga harus meningkatkan kewaspadaan kepada kelompok atau barang mencurigakan yang ada di sekitar tempat tinggal. "Paling penting sosial awareness atau kewaspadaan kita untuk melaporkan setiap tindakan, setiap kejadian dan benda mencurigakan kepada aparat. Tanpa ada kerja sama aparat dan masyarakat maka upaya memberantas terorisme akan terhambat. Sinergi itu yang harus dilakukan," tuntasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2319 seconds (0.1#10.140)