Milad ke-38, MUI evaluasi diri

Jum'at, 26 Juli 2013 - 20:35 WIB
Milad ke-38, MUI evaluasi diri
Milad ke-38, MUI evaluasi diri
A A A
Sindonews.com - Milad Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-38 merupakan momentum untuk mengevaluasi dan perbaikan kinerja yang dilakukan selama ini.

Ketua Umum MUI Maaruf Amin mengatakan, sejak berdirinya MUI, banyak hak yang sudah dilakukan. Terutama dalam memberikan fatwa, memberikan tuntunan moral, memberikan pelayanan dan pedampingan kepada umat.

Menurutnya, peran MUI dalam mendorong ekonomi syariah semakin tumbuh dan berkembang. Terutama kepada penentu kebijakan, bahwa ekonomi syariah dapat dijadikan siistem ekonomi alternatif di Indonesia.

Saat ini Indonesia sudah menganut dual economic system, yakni sistem konvensional dan sistem syariah. Walaupun market ekonomi syariah saat ini belum meluas di Indonesia. "Kedepannya, ekonomi syariah di Indonesia akan tumbuh dan berkembang lebih besar lagi," tandas dia saat memberikan sambutan di Milad MUI ke-38, di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2013).

Menurut Maaruf, selama 25 tahun terakhir MUI telah berperan dalam memberikan jaminan kehalalan produk makanan, minuman dan obat-obatan. Melalui sertifikasi produk halal, MUI ingin menumbuhkan ketenangan batin umat islam bahwa apa yang dikonsumsi telah benar-benar sesuai kaidah syariah.

Hal ini dikarenakan produk yang telah disertifikasi halal oleh MUI benar selah melewati proses pemeriksaan yang sangat teliti baik dalam sisi bahan baku, bahan tambahan, proses produksinya maupun dari sisi syariah. "Ini kan dari produk makanan, walaupun seperti itu dengan berbagai dalih beberapa pihak berusaha mengecilkan," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7357 seconds (0.1#10.140)