Sosial & Budaya

Sadar lingkungan perlu ditumbuhkan di sekolah

Selasa,  25 Juni 2013  −  17:00 WIB
Sadar lingkungan perlu ditumbuhkan di sekolah
Ilustrasi, (SINDOphoto).

Sindonews.com - Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MAN 2 Yogyakarta, Anita Isdarmini mengatakan, pembangunan karakter dan budaya berwawasan lingkungan di MAN 2 Yogyakarta sendiri sudah dimulai sejak dua tahun belakangan.

Menurut Anita, para siswa sendiri yang menjadi inisiatornya termasuk membuat agen-agen perubahan sadar lingkungan. Perubahan mulai dari perilaku budaya bersih dan sehat setiap hari, hingga merombak kantin sekolah menjadi tempat yang bersih dan nyaman.

"Perubahan besar kami adalah letak kantin. Dulu kantin berada di belakang dekat dengan lapangan parkir. Karena kami merasa itu tidak sehat, kami pindah ke depan yang lebih bersih udaranya," kata Anita kepada wartawan, di Yogyakarta,  Selasa (25/6/2013).

Sebelumnya, berkomitmen membangun karakter yang berwawasan lingkungan menjadi kekuatan tersendiri bagi MAN 2 Yogyakarta, melaju dalam seleksi penghargaan Adiwiyata tingkat DIY. Salah satu bentuk komitmen tersebut diwujudkan dalam bentuk laboratorium alam.

"Ide laboratorium alam ini berasal dari para siswa kami sendiri. Karenanya mereka pula yang merancang dan mengelolanya. Pihak sekolah dan guru hanya membantu mengarahkan sesuai dengan mata pelajaran yang dilaksanakan pada laboratorium alam itu sendiri," ucap Anita.

Anita menjelaskan, kegunaan laboratorium alam tersebut untuk mempelajari tentang alam melalui mata pelajaran apapun tidak hanya biologi. "Kami ingin membangun karakter berwawasan lingkungan pada anak-anak, sehingga mereka mengerti arti kebersihan, kesehatan dan ramah lingkungan. Dan itu semua tentu bisa disampaikan melalui pelajaran apapun," imbuhnya.

Adiwiyata sendiri merupakan penghargaan yang diberikan pada sekolah yang bersih, sehat dan berwawasan lingkungan. Tak hanya itu, wawasan lingkungan tersebut juga harus tertuang dalam kurikulum dan pengajaran yang dilaksanakan.


(maf)

views: 1.161x

 

shadow