Sosial & Budaya

Penerima SNMPTN sebaiknya tak usah ikut SBMPTN

Rabu,  22 Mei 2013  −  16:53 WIB
Penerima SNMPTN sebaiknya tak usah ikut SBMPTN
Ilustrasi Okezone
Sindonews.com - Calon mahasiswa yang mendapatkan pilihan kedua di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebaiknya jangan mendaftar lagi di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN).  Sebab, jika mereka tetap mendaftar ke SBMPTN maka statusnya di SNMPTN akan dicabut.

Ketua Panitia SNMPTN 2013 Akhmaloka mengatakan, panitia tidak dapat melarang apabila ada siswa yang mendaftar di SBMPTN sedangkan siswa tersebut sudah mendaftar ke SNMPTN.

Namun hal ini sebenarnya  tidak dianjurkan apabila ada siswa yang sudah diterima di pilihan kedua SNMPTN.

Akhmaloka menjelaskan, apabila mereka kembali mendaftar di SBMPTN maka statusnya yang diterima di pilihan kedua SNMPTN akan dicabut.  Maka jika siswa tersebut nanti tidak juga diterima di SBMPTN siswa tidak dapat menuntut masuk di pilihan keduanya kembali.

“Kami anjurkan mereka tidak usah ikut. Kasihan nanti jika tidak diterima di kedua-duanya,” katanya kepada KORAN SINDO, Rabu (23/5/2013).

Rektor IPB ini menjelaskan, permasalahan yang terjadi di SNMPTN tahun sebelumnya ialah banyak siswa sudah kadung menjatuhkan hati di pilihan pertama.

Makanya mereka pun masih ingin mengikuti SBMPTN untuk mengejar pilihan pertamanya itu. Namun sangat disayangkan jika mereka menolak pilihan kedua karena mereka sudah diundang masuk PTN yang dilihat dari prestasi dan nilai raport.

Anjuran ini juga dilancarkan panitia karena peserta SBMPTN sangat banyak.

Tidak hanya lulusan tahun ini yang mendaftar namun juga alumni 2011 dan 2012 masih bisa mengikuti SBMPTN. Selain itu, lulusan Paket C (IPA dan IPS) serta Lulusan Paket C Kejuruan juga dapat mengikuti seleksi melalui jalur SBMPTN.

“SBMPTN kan penggantinya SNMPTN jalur tulis. Bisa dikatakan ini rajanya seleksi. Persaingan akan semakin ketat,” jelasnya.


Selanjutnya...
dibaca 2.853x
Halaman 1 dari 3
Bagikan artikel ini :
Topic Terkait :
industri sepeda
Berita Rekomendasi :
Daftarkan email anda
untuk update berita terkini
Subscribe

 

shadow