Sosial & Budaya

Pengurangan kuota haji, calhaj di Jombang resah

Kamis,  13 Juni 2013  −  14:32 WIB
Pengurangan kuota haji, calhaj di Jombang resah
Calhaj di Jombang datangi kantor Kemenag Jombang, Jawa Timur. (Foto: Mukhtar bagus)

Sindonews.com - Pengurangan kuota haji oleh pemerintahan Arab Saudi membuat para calon jemaah haji (calhaj) Jombang, Jawa Timur, resah. Bahkan, Akibat pengurangan itu kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang terus didatangi para calhaj.

Kasi Haji Kantor Kemenag Kabupaten Jombang, Nur Habib Adnan mengaatakan, masih bingung dan menunggu penjelasan resmi dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag maupun Kemenag pusat terkait teknis pengurangan kuota tersebut.

"(Kedatangan) mereka (untuk) mempertanyakan nasibnya yang sebelumnya sudah terdaftar akan segera berangkat haji tahun 2013 ini," katanya kepada wartawan di Jombang, Jawa Timur, Kamis (13/6/2013).

Tak hanya itu, kata dia, banyak juga calhaj yang menelpon dirinya, karena cemas dengan informasi pengurangan kuota sebesar 20 persen itu.

Kendati demikian, dia mengimbau kepada masyarakat, khususnya warga Jombang, Jawa Timur, agar tidak resah dengan pengurangan tersebut. "Mengimbau para calon jamaah haji agar tidak cemas," imbuhnya.

Sekadar diketahui, di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, tahun ini ada 814 orang calon jemaah yang akan berangkat haji. Jika memang ada pengurangan hingga 20 persen, berarti ada 160 orang lebih calhaj asal Jombang yang keberangkatannya akan di batalkan.

Para calhaj berharap pemerintah segera memberi kepastian pada mereka terkait siapa-siapa yang positif akan tetap berangkat dan siapa-siapa yang keberangkatannya harus ditunda.


(mhd)

views: 1.557x

 

shadow