Sosial & Budaya

Buchory terpilih jadi Rektor UPY

Selasa,  11 Juni 2013  −  23:01 WIB
Buchory terpilih jadi Rektor UPY
Ilustrasi, (SINDOphoto).

Sindonews.com - Guru besar Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), Buchory terpilih sebagai Rektor UPY periode 2013-2017. Direktur Program Pascasarjana Pendidikan IPS UPY tersebut menggantikan rektor sebelumnya, Sri Pawiti yang habis masa jabatannya.

Buchory terpilih setelah melalui sejumlah tahapan seleksi. Mulai dari 15 orang bakal calon rektor yang mendaftarkan diri hingga terpilih tiga nama calon rektor yang lolos di tingkat Senat Akademik (SA) UPY.

"Ada 15 bakal calon rektor yang mendaftarkan diri pada 6 April lalu. Ke-15 orang tersebut kemudian mengikuti pembekalan dan pengarahan  sebagai calon rektor," ungkap Wakil Ketua Yayasan Pembina UPY, John Sabari di UPY, Yogyakarta, Selasa (11/6/2013).

Menurut John, ke-15 orang tersebut kemudian diseleksi lagi menjadi lima nama. Panitia pemilihan rektor (pilrek) pun melakukan fit and proper test pada kelima orang yang terpilih.

Dalam proses fit and proper test, tiga nama pun muncul sebagai kandidat calon rektor. Ketiga orang tersebut di antaranya Buchory, Makin, yang merupakan dosen program studi (prodi) Bimbingan Konseling (BK), serta Sunarti yang merupakan kaprodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

"Tiga nama ini lalu kami sampaikan ke Senat Akademik. Mereka melakukan rapat senat untuk menentukan rektor terpilih," jelasnya.

Rapat SA tersebut, lanjut John diikuti 22 anggotanya. Tiga calon rektor kemudian menyampaikan visi dan misi mereka jika terpilih sebagai rektor baru.

Dari pemaparan tersebut, anggota SA melakukan pemilihan rektor melalui voting. Buchory pun akhirnya mendapatkan 13 suara dan Makin memperoleh tujuh suara. "Sedangkan Sunarti hanya mendapatkan satu suara. Satu suara lagi dianggap gugur karena tidak memenuhi syarat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua panitia pilrek UPY Armansyah Prasakti SH mengungkapkan, rapat senat diikuti oleh anggota pengurus dan pembina yayasan. Pemilihan tersebut sudah didasarkan pada prosedur pemilihan rektor yang obyektif. "Rencananya pelantikan rektor akan dilaksanakan pada 25 Juni mendatang," ungkapnya.

Sebelum terpilih menjadi rektor baru, Buchory menjabat sejumlah kedudukan, baik di UPY maupun di luar kampus. Dia pernah menjabat sebagai rektor UPY selama dua periode pada 2001-2005 dan 2005-2009 lalu.

Buchory juga menjadi dosen di UPY sejak 1984. Di luar kampus dia saat ini menjadi anggota Dewan Pendidikan DIY, Wakil Ketua APTISI Wilayah V serta Koordinator Unit Pelaksana Teknis Akreditasi Bantul.


(maf)

views: 1.499x

 

shadow