Seleksi SBMPTN gunakan pola ujian tulis

Selasa, 04 Juni 2013 - 15:10 WIB
Seleksi SBMPTN gunakan pola ujian tulis
Seleksi SBMPTN gunakan pola ujian tulis
A A A
Sindonews.com - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) kembali dibuka untuk tahun 2013. Seleksi ini hanya dilakukan dengan menggunakan pola ujian tertulis, sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya.

Seperti dilansir laman sbmptn.or.id, penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri dilakukan hanya dengan pola ujian tertulis bersama serentak secara nasional di wilayah masing-masing.

Pola ujian tetulis yang diterapkan selama ini menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negerri, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi calon mahasiswa, ujian tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah.

Maka pada penyelenggaraan SBMPTN tahun ini Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) tetap menggunakan pola ujian tertulis untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri. selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), seleksi yang mengedepankan asas kepercayaan dan kebersamaan ini diselenggarakan juga melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

SBMPTN diselenggarakan untuk memberi kesempatan kepada lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2011, 2012, dan 2013, untuk mengikuti seleksi pada tahun 2013.

Ujian tertulis dilakukan dengan menggunakan soal ujian yang dikembangkan sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang social dan humaniora.

Selain mengikuti ujian tertulis, calon mahasiswa yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5348 seconds (0.1#10.140)