Opini

Indonesia dan APEC 2013

Jum'at,  12 April 2013  −  07:52 WIB
Indonesia dan APEC 2013
Bantarto Bandoro. (Dok. Sindo)

Pertemuan APEC 2013 akan digelar di Bali, Indonesia, Oktober mendatang. Ini kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah dari pertemuan APEC.

Pertama kali Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan APEC adalah pada 1994. Tema besar yang diusung Indonesia dalam pertemuan APEC 2013 adalah “Resilient Asia Pacific, Engine of Global Growth”. Dengan tema itu Indonesia harus bisa membuat gravitas dunia “bergerak” ke Bali.

Bobot Strategis APEC

Hasil observasi komposisi anggota APEC ditemukan bobot strategis APEC. Yang dimaksud dengan bobot strategis di sini secara sederhana adalah resources yang dimiliki anggota APEC dan dapat dimanfaatkan secara sendiri maupun bersama- sama untuk kepentingan jangka panjang mereka. Dari 21 anggota APEC, empat di antaranya negara yang dianggap sebagai ekonomi terbesardiduniayaituAmerikaSerikat, China, Jepang, dan Rusia. Mereka ini sumber investasi, finansial, danteknologi.

Delapan di antaranya anggota G-20 yaitu AmerikaSerikat, Kanada, Jepang, Korea Selatan, China, Australia, Rusia, dan Indonesia. Tujuh di antaranya anggota ASEAN yaitu Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Brunei Darusallam, dan Vietnam. Mereka pasar menggiurkan. Delapan di antaranya negara tujuan investasi para investor global yaitu China, Korea Selatan, Thailand, Peru, Malaysia, Chile, Rusia, dan Indonesia.

Tujuh di antara mitra strategis Indonesia yaitu Amerika Serikat, China, Rusia, Australia, Korea Selatan, Jepang, dan Vietnam. Melalui APEC, Indonesia dapat memperkuat jaringan bilateralnya. Empat di antaranya negara besar di Asia-Pasifik yaitu Amerika Serikat, China, Jepang, dan Rusia. Mereka ini dianggap memiliki kapabilitas menjaga perdamaian dan keamanan kawasan, suatu kapabilitas yang tidak dimiliki anggota APEC lainnya.

Bobot strategis APEC lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah keberadaan empat negara yang memiliki sumber energi terbesar dunia (minyak, batu bara, dan gas alam) yaitu Amerika Serikat, Rusia, Kanada, dan China. Mereka berperan sebagai pemasok sumber pembangunan industri.

Dalam APEC juga ditemukan lima kawasan yang masingmasing memiliki nilai strategis untuk mereka secara sendirisendiri maupun kolektif yaitu Asia Tenggara, Amerika Utara, Amerika Latin, Asia Timur, Pasifik Barat Daya, dan Eropa Timur. Dengan memahami bobot strategis APEC, dapat diketahui ke arah mana APEC akan bergerak.


Selanjutnya...

views: 2.679x
Halaman 1 dari 3

 

shadow