Opini

Setahun menjelang Pemilu 9 April 2014

Selasa,  9 April 2013  −  10:47 WIB
Setahun menjelang Pemilu 9 April 2014
Ferry Kurnia Rizkiansyah

TAK terasa Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 9 April 2014 tinggal satu tahun lagi. Satu per satu tahapan penyelenggaraan pemilu telah dilaksanakan. Penyelenggara pemilu beserta jajarannya tak punya waktu untuk berleha-leha.

Tahapan, program, dan jadwal sudah dituangkan ke dalam hari, tanggal, dan bulan secara rigid. Karena itu, manajemen profesional dibutuhkan untuk mengelola sumber daya yang dimiliki guna mencapai target yang sudah ditetapkan. Salah satu tahapan krusial yang telah berhasil diselesaikan KPU adalah pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta pemilu.

KPU berhasil membuat terobosan baru penetapan partai politik peserta Pemilu 2014 melalui rapat pleno terbuka dengan mengundang semua partai politik yang lolos. Sesuatu yang belum pernah dilakukan sepanjang penyelenggaraan pemilu di Indonesia. Inilah bentuk keterbukaan dan transparansi proses verifikasi dan penetapan peserta pemilu. Setelah itu tentu ada proses gugatan di Bawaslu dan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN), bahkan ke Mahkamah Agung (MA).

Kendati demikian, KPU harus mampu mengelola dan mendistribusikan sumber daya yang dimilikinya untuk menangani semua problem tersebut secara profesional dan proporsional. Daya tahan dan komitmen penyelenggara beserta jajarannya diuji untuk memastikan semua tahapan penyelenggaraan pemilu berjalan sesuai jadwal meski terus diterpa kritik dan gugatan.

Bagi KPU, kritik itu menunjukkan tingginya ekspektasi publik akan terwujudnya penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil. Kritik itulah yang harus dijawab dengan evaluasi, koreksi, dan perbaikan terhadap kinerja dari waktu ke waktu dan dari tahapan ke tahapan berikutnya.

Salah satu kritik yang sering dilontarkan adalah tahapan yang seringkali berubah. Tahapan penyelenggaraan pemilu memang beberapa kali diubah untuk menyesuaikan dengan dinamika yang terjadi.
....

views: 1.053x
Halaman 1 dari 5

 

shadow