Hankam

Komisi III segera evaluasi SOP pengamanan Lapas

Sabtu,  6 April 2013  −  17:17 WIB
Komisi III segera evaluasi SOP pengamanan Lapas
Anggota Komisi III DPR Sarifudin Sudding (Ist)

Sindonews.com - Setelah empat narapidana tewas karena dibrondong tembakan oleh 11 oknum Kopassus, Komisi III DPR RI siap untuk mengevaluasi standar operasional prosedur (SOP) sistem keamanan dan pengamanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

"Komisi III akan melakukan evaluasi baik itu mengarah pola-pola pengamanan di tingkat Lapas maupun SOP pengamanan di Lapas itu sendiri," kata Anggota Komisi III Fraksi Partai Hanura, Syarifudin Sudding saat berbincang dengan wartawan di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2013).

Dia menjelaskan, dalam peristiwa itu terbukti ada kelalaian yang dilakukan oleh pihak keamanan baik kepolisian maupun di internal Lapas tersebut. Menkopolhukam tentu berikut dengan Kapolri beserta pihak dari Panglima TNI.

"Kejadian kemarin sudah sangat jelas, apa yang disampaikan oleh tim investigasi TNI sebenarnya kita juga sudah mengarah ke sana, yang terpenting kejadian kemarin memang ada kelalaian dan memang ada yang harus dilakukan, karena ada di bawah ancaman dan itu diakui oleh Kalapas," terangnya.

Untuk menyusun SOP keamanan itu pun Sudding mengaku, akan memanggil pihak terkait mulai dari tingkat kementerian hingga aparat keamanan itu sendiri.

"Menkopolhukam terkait keamanan bersama denga petinggi TNI dan Polri serta pihak lain yang memang kita butuhkan untuk dimintai keterangan dari mereka mengenai keamanan," tukasnya.



(kri)

views: 886x

 

shadow