Politik

225 anggota DPR bolos sidang paripurna

Selasa,  2 April 2013  −  11:38 WIB
225 anggota DPR bolos sidang paripurna
Sidang Paripurna (Dok Okezone)

Sindonews.com - Sudah hal biasa, jika anggota DPR bolos saat sidang paripurna DPR. Rasanya sangat jarang sekali dari 560 anggota DPR, seluruhnya hadir saat sidang paripurna digelar.

Pemandangan bolosnya wakil rakyat ini kembali terlihat hari ini, Selasa (2/4/2013). Dari total 560 anggota dewan yang terhormat, hanya 335 yang mengikuti sidang paripurna. Sebanyak 225 anggota DPR yang tidak hadir diketahui dari absensi manual yang disediakan di depan ruang sidang.

Meskipun telah mencapai jumlah batas atau kuorum, namun angka ketidak hadiran tersebut terhitung masih cukup tinggi. Padahal, sisa masa jabatan mereka hanya tinggal setahun. Namun, perilaku anggota DPR yang rajin membolos tak kunjung mengalami perubahan. Belum diketahui secara pasti alasan ketidak hadiran anggota tersebut.
 
Dari 335  anggota yang hadir, tercatat 98 dari Fraksi Partai Demokrat, 60 dari Fraksi Partai Golkar, 52 dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, 32 dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), serta 26 dari anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).
 
Sementara dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hanya 19 anggota, 17 anggota dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), 17 dari Fraksi Partai Gerindra, dan 14 dari Fraksi Partai Hanura.
 
Adapun agenda sidang paripurna hari ini meliputi, laporan hasil pemeriksaan sementara BPK Semester II Tahun 2012 dan Penyerahan Laporan sementara. Kedua, laporan Komisi XI DPR mengenai hasil uji kelayakan calon Gubernur BI dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.

Ketiga, Laporan Komisi III mengenai hasil uji kelayakan calon hakim MK dilanjutkan dengan pengambilan keputusan. Keempat,  laporan BURT mengenai hasil penyempurnaan Rancangan Peraturan DPR tentang peliputan pers, dilanjutkan dengan pengambilan keputusan.


(kri)

views: 601x

 

shadow