ISNU: Papua tidak boleh lagi menderita

Sabtu, 23 Februari 2013 - 19:49 WIB
ISNU: Papua tidak boleh lagi menderita
ISNU: Papua tidak boleh lagi menderita
A A A
Sindonews.com - Papua tidak boleh lagi tersandera dalam konflik berkepanjangan. Papua harus mendapatkan keadilan dan kesejahteraan agar konflik bisa terselesaikan.

Hal tersebut dinyatakan oleh Ketua Umum PP Ikatan Sarjana NU Dr. Ali Masykur Musa, M.Si, M.Hum dalam menanggapi kasus penembakan dan kekerasan di Papua.

"Papua adalah salah satu dari bagian tak terpisahkan dari bangsa Indonesia. Seperti halnya bagian negara yang lain, Papua harus mendapatkan keadilan dan kesejahteraan," kata Ali di Bali, Sabtu (23/02/2013).

Untuk mengakhiri konflik di Papua, Ali menawarkan kepada pemerintah untuk melakukan tiga hal. Yang pertama, strategi pembangunan Papua harus diorientasikan pada peningkatan pemerataan kesejahteraan melalui Dana Otonomi Khusus.

"DAK pertahun yang tidak kurang dari empat puluh tiga triliun memang sudah digelontorkan, tetapi tidak jelas arahnya, tidak merata. Hal ini yang mengakibatkan terjadinya disparitas sosial yang berakibat pada lahirnya konflik pada masyarakat," terang Ali.

Kedua, penegakan hukum atas pelanggaran-pelanggaran yang menyangkut kekerasan dan pembunuhan harus diusut tuntas dan dihukum secara adil. "Hal ini bertujuan agar kekerasan tidak terulang lagi terjadi. Tidak boleh ada darah dan nyawa tertumpah lagi di bumi cendrawasih," tegas tokoh muda NU ini.

Langkah ketiga, menurut Ali, aparat keamanan harus menjaga kedaulatan Papua dengan serius. Bukan menjaga melalui kekerasan, tetapi lebih pada langkah dialogis.

"Papua adalah Indonesia. Pertama, Papua mempunyai sejarah yang sah sebagai bagian dari NKRI. Kedua, Papua memiliki nilai strategis ekonomi dan politik secara internasional," ujar Ali yang per Juni nanti aktif sebagai Ketua Organisasi Audit Lingkungan Sedunia ini.

Lebih lanjut, Ali menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas korban kekerasan di Papua. "ISNU turut berbela sungkawa secara mendalam atas peristiwa ini. ISNU berharap agar kasus Papua bisa tuntas secara baik dan benar," pungkas Ali.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6520 seconds (0.1#10.140)