alexa snippet

Tidak benar Pulau Semakau diklaim milik Singapura

Tidak benar Pulau Semakau diklaim milik Singapura
Ilustrasi (Ist)
A+ A-
Sindonews.com - Kabar mengejutkan datang dari negara tetangga, kali ini bukan Malaysia yang memancing kemarahan Indonesia, melainkan negara tetangga Singapura. Hal ini diakibatkan Singapura yang telah mecaplok Pulau Semakau di Batam, Kepulauan Riau.

Seperti dilansir yoursingapore.com, dalam peta terbaru yang dirilis pemerintah Singapura memasukan Pulau Semakau ke dalam area peta wilayah Singapura.  Bahkan Pulau Semakau dipromosikan oleh Singapura sebagai bagian dari tempat pariwisata Singapura.

"Berita yang selama ini, Pulau Semakau diklaim menjadi bagian dari negara Singapura, itu tidak benar," kata Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Indra Sakti, saat dihubungi Sindonews, Kamis (24/1/2013)

Indra menjelaskan, kekeliruan tersebut karena di kepulauan daerah Batam, Riau, memiliki dua pulau yang namanya sama. Pihaknya menjelaskan, di Indonesia Pulau Semakau itu lebih tepatnya bernama Pulau Semakau Panjang. Sedangkan di Singapura Pulai Semakau Kecil.

"Memang letaknya berdekatan, tapi satu pulau itu milik Indonesia dan satunya lagi milik Singapura," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Pulau Semakau Panjang milik Indonesia, saat ini dihuni oleh sembilan kepala keluarga (KK). Sedangkan di Pulau Semakau Kecil milik Singapura, dijadikan sebagai tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

"Jadi tidak benar informasi yang ada dibeberapa media, sembilan KK itu punya KTP Batam, itu tetap wilayah Indonesia dan kedaulatan negara ini masih tetap terjaga," pungkasnya.

Seperti informasi yang sudah ada, dugaan pencaplokan pulau tersebut muncul dari data Wikipedia, yang menyebut Pulau Semakau adalah kawasan yang menjadi bagian dari wilayah Singapura.

Pulau Semakau yang masuk wilayah Kelurahan Kasu, Kecamatan Belakangpadang, Batam, hanya berpenduduk sembilan kepala keluarga. Pulau ini memang agak menjorok ke Laut Singapura.

Dugaan Singapura mengklaim Pulau Semakau muncul dari sebuah yayasan yang menyebutkan Pulau Semakau, yang berdekatan dengan Selat Phillips, masuk dalam Peta Singapura.



(maf)
views: 6.269
loading gif
Top