Politik

Profil Partai NasDem

Kamis,  17 Januari 2013  −  15:47 WIB
Profil Partai NasDem
Partai NasDem ketika mendapatkan nomor urut 1 di KPU. (Dok. Sindo).

Partai Nasional Demokrat (NasDem) didirikan pada tanggal 26 Juli 2011 dengan ideologinya Pancasila dan Sekretariat DPP berlokasi di Jl. R.P. Soeroso No. 44, Gondangdia Lama, Menteng, Jakarta Pusat.

Partai ini sebagai satu-satunya partai politik (parpol) baru di Indonesia yang dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjadi peserta Pemilu 2014.  Partai ini didukung  Surya Paloh yang merupakan pendiri organisasi masyarakat (ormas) bernama sama yaitu Nasional Demokrat (NasDem).

Lambang Partai NasDem adalah rotasi biru yang dibalut dengan warna jingga bergetsur memeluk. Lambang yang dibuat sederhana dengan mewakili semangat perubahan, serta mudah untuk diingat dan digambar sebagai symbol gerakan perubahan.

Rotasi biru merupakan simbol perputaran yang dinamis sebagai semangat dan harapan baru, keterbukaan, ketegasan yang memiliki tujuan yang nyata. Gestur jingga memeluk adalah lambang dari kebersamaan, keutuhan dalam bergerak dan semangat pembaharuan yang siap menampung aspirasi.

Sebagai garis perjuangannya, Partai NasDem memiliki, Visi bahwa kelahiran Partai NasDem bukanlah semata-mata hadir dalam percaturan kekuasaan dan pergesekan kepentingan. Partai NasDem terjun ke politik untuk suatu tujuan yang mulia. Partai NasDem memasuki gelanggang politik untuk mencapai tujuan-tujuan besar: memantapkan eksistensi Negara, memperkuat persatuan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi, mendorong keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sementara misinya adalah Partai NasDem sebuah gerakan perubahan yang didasari oleh kenyataan bahwa kehidupan seperti yang dicita-citakan oleh Proklamasi 1945 belum terwujud hingga saat ini. Partai NasDem bertujuan untuk menggalang kesadaran dan kekuatan masyarakat untuk melakukan Gerakan Perubahan untuk Restorasi Indonesia.

Restorasi Indonesia adalah gerakan mengembalikan Indonesia kepada tujuan dan cita-cita Proklamasi 1945, yaitu Indonesia yang berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi, dan berkepribadian secara kebudayaan.

Partai ini juga mempunyai beberapa organisasi sayap, seperti Gerakan Masa Buruh (Gemuruh), Liga Mahasiswa NasDem, Garda Pemuda NasDem, dan Badan Advokasi Hukum (Bahu)NasDem.

Beberapa jajaran elite Partai NasDem sebagai berikut:

Surya Paloh: Ketua Majelis Tinggi

Patrice Rio Capella: Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP)

Sugeng Suparwoto: Wakil Ketua Umum DPP

Medini Subroto: Bendahara Umum DPP


(kur)

views: 6.011x

 

shadow