Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Terima anda bintang

Jum'at, 11 Januari 2013 - 14:27 WIB
Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Terima anda bintang
Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Terima anda bintang
A A A
Sindonews.com - Panglima Angkatan Bersenjata Filipina atau Chief of Staff Armed Forces of the Philippines General Jessie D Dellosa AFP menerima tanda Kehormatan Bintang Yudha Dharma Utama dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dellosa dianggap berjasa dalam menjaga dan meningkatkan kerjasama pertahanan kedua negara.

Penyematan tanda kehormatan yang penganugerahannya ditetapkan dengan KEPRES No. I/TK/Tahun 2013 itu dilakukan oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Kantor Kemhan, Jakarta, Kamis (10/1). Upacara penyematan Bintang Yudha Dharma Utama ini dihadiri oleh Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, para pejabat teras Kemhan, dan pejabat pejabat perwakilan Mabes AD, AU dan AL.

Menhan Purnomo Yusgiantoro menjelaskan, penganugerahan tanda Kehormatan ini biasa diberikan kepada para Panglima Angkatan Bersenjata negara-negara tetangga, sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dalam menjalin kerja sama pertahanan. Selain itu, juga untuk meningkatkan hubungan baik kedua negara.

Dia menilai, hubungan kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan Filipina terus meningkat. "Peningkatan kerjasama pertahanan antara Filipina dan Indonesia terutama dalam patroli bersama di perairan antara kedua negara," katanya usai penyematan.

Seperti diketahui, keadaan keamanan Filipina Selatan yang berbatasan dengan Indonesia dan Malaysia masih bergejolak. Di perbatasan yang berupa perairan ini, banyak dilaksanakan patroli terkoordinasi bersama angkatan laut Filipina, Indonesia, dan Malaysia.

"Patroli terkoordinasi bersama ini sangat efektif untuk menjaga wilayah perbatasan masing-masing negara dari kegiatan-kegiatan ilegal," tuturnya.

Kapuskom Publik Kemhan Brigjen TNI Bambang Hartawan menambahkan, sebelum penyematan tanda Kehormatan Bintang Yudha Dharma Utama, Panglima Angkatan Bersenjata Philipina melakukan kunjungan kehormatan kepada Menhan Purnomo Yusgiantoro di ruang tamu Menhan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0155 seconds (0.1#10.140)