Politik

KPU larang kampanye parpol pakai stiker

Jum'at,  11 Januari 2013  −  13:26 WIB
KPU larang kampanye parpol pakai stiker
Ilustrasi.Okezone

Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melarang partai politik berkampanye menggunakan stiker. Sebab, stiker yang ditempel pada media-media tertentu akan merepotkan dan menyusahkan.

"Kampanye dengan stiker, itu tidak boleh. Sebab merepotkan. Dilem-lem seperti itu, merepotkan," ujar Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di gedung KPU RI, jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2013).

Menurut Nafis, larangan tersebut berdasarkan pengalaman pada Pemilu-Pemilu sebelumnya. Karena masih banyak ditemukan  stiker kampanye Pemilu 2009 yang masih menempel dan belum dilepas.

Diakuinya, larangan penggunaan stiker itu tidak ada dalam aturan pelaksanaan berkampanye. "Tapi, nanti akan dicantumkan dalam petunjuk teknis (juknis) berkampanye," katanya.

Meski demikian, mulai hari ini sepuluh parpol peserta Pemilu 2014 diperkenankan melaksanakan kampanye.

Seperti diketahui, sepuluh parpol peserta Pemilu 2014 adalah Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Patai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), PDI-Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai NasDem.

Perwakilan sepuluh parpol peserta Pemilu tersebut telah mengikuti sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang kampanye hari ini.


(lns)

views: 1.027x

 

shadow