Hankam

Polisi bermasalah karena individunya

Senin,  31 Desember 2012  −  15:49 WIB
Polisi bermasalah karena individunya
Ilustrasi (Ist)

Sindonews.com - Mabes Polri membantah, pemecatan sekira 300 sampai 500 anggota Polri pada tahun 2012 ini, bukan karena faktor pendidikan, melainkan karena individunya itu sendiri.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Mabes Polri Kombes Pol Agus Rianto mengatakan, polisi yang dipecat, lebih disebabkan karena mental individu tersebut yang membuatnya melanggar perundang-undangan yang berlaku.

"Itu kembali lagi ke individunya, tidak mungkin lembaga pendidikan mengajarkan yang salah," kata Agus saat berbincang dengan Sindonews di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (31/12/2012).

Agus menjelaskan, singkatnya waktu pendidikan bagi seorang anggota bintara polisi sehingga dapat menghasilkan polisi yang tidak siap mental, bukan menjadi faktor seorang anggota polisi berbuat salah.

"Waktu singkat juga bukan soal, karena banyak yang kami didik jadi perwira, tapi dia salah juga, empat tahun pendidikan tapi masih bisa salah. Itu membuktikan bahwa individunya sendiri," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan seseorang anggota polisi berbuat salah dan melannggar peraturan.

"Karena dalam jiwa polisi kan banyak beban, seperti beban keluarga, beban tugas. Jadi kembali lagi ke mental, bukan pendidikan," tegasnya.


(maf)

views: 1.375x

 

shadow