Politik

Januari, nama calon Sekjen KPU dikirim ke Presiden

Senin,  31 Desember 2012  −  11:16 WIB
Januari, nama calon Sekjen KPU dikirim ke Presiden
Komisioner KPU. (Slamet Riadi/Sindonews)

Sindonews.com- Awal Januari 2013 ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melanjutkan proses seleksi terhadap sembilan nama calon Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU. Dari sembilan nama ini akan terjaring kembali tiga nama untuk dikirimkan kepada  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
 
"Awal Januari 2013 ini akan melakukan assessment akhir oleh tim," ujar Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah kepada Sindonews melalui pesan singkatnya, Senin (31/12/2012).
 
Sekadar diketahui, sembilan calon Sekjen KPU tersebut adalah DR Muhammad Dimyati MSc, Ir Reifeldi MEng, Drs H Syarifuddin Side MSi MH, Drs Resman MPd MH, Drs Yuhardi R Jusuf, Ir Arif Rahman Hakim MS, Prof DR Andi Pangerang Moenta SH MH DFM, Ir Noor Sidharta MH MBA, serta DR Rizari MBA MSi.
Mereka akan diseleksi kembali untuk menggantikan Sekjen KPU saat ini, Suripto Bambang Setyadi akan pensiun pada tanggal 1 Februari 2013 mendatang.
 
Sementara itu, sesuai Pasal 57 ayat 3 undang-undang Nomor 15/2011 tentang Penyelenggara Pemilu. Mekanisme penggantian Sekjen KPU di awali dari KPU yang mengusulkan tiga nama calon kepada Presiden.
 
Sebelum nama itu diserahkan Presiden, KPU wajib menyampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai wakil Pemerintah.
 
Hal itu dijelaskan dalam Pasal 57 ayat 4 undang-undang yang sama. Disebutkan, sebelum mengusulkan calon Sekjen kepada Presiden, KPU wajib berkonsultasi dengan pemerintah.


(kur)

views: 835x

 

shadow