Politik

Partai terkorup versi ICW

Jum'at,  28 Desember 2012  −  16:13 WIB
Partai terkorup versi ICW
Ilustrasi. (Istimewa)

Sindonews.com - Kader Partai Golkar merupakan yang terbanyak melakukan tindak pidana korupsi, disusul oleh Partai Demokrat, kemudian Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Kader Partai Golkar paling banyak terjerat kasus korupsi, ada 14 kader disana. Diposisi kedua, Partai Demokrat dengan 10 kader, dan disusul PAN dan PDIP dengan delapan kader," kata Peneliti Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Apung Widadi, di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (28/12/2012).

Dia menambahkan, sepanjang tahun 2012 ini, ICW telah mencatat terdapat 52 kader partai politik yang terjerat kasus korupsi.

"Kita mencatat ada 52 kader parpol yang terjerat korupsi. 21 dari kalangan atau mantan DPR dan DPRD, 21 dari kepala daerah, dua pengurus partai, dan satu menteri aktif," ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya menyimpulkan, kasus korupsi tersebut kebanyakan digunakan untuk pendanaan Pemilu 2014 mendatang.

"Disinyalir muara dari kasus korupsi politik diatas adalah pada pendanaan politik Pemilu 2014. Pendanaan politik masih bertumpu pada uang-uang haram yang bersumber dari korupsi," pungkasnya.


(mhd)

views: 9.564x

 

shadow