Politik

Peluang Hatta menang di 2014 kecil

Sabtu,  22 Desember 2012  −  10:06 WIB
Peluang Hatta menang di 2014 kecil
Ketua Umum PAN Hatta Rajasa. (dok: Istimewa)

Sindonews.com - Peluang untuk Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang, sangat kecil kemungkinan untuk menang. Pasalnya, elektabilitas Hatta ini masih sangat rendah.

"Hatta Rajasa memiliki elektabilitas yang rendah," kata Pengamat Politik dari Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) Toto Sugiarto kepada Sindonews melalui pesan singkatnya, Sabtu (22/12/2012).

Selain itu, kata Toto, PAN juga sulit untuk mengusung Hatta Rajasa sendirian atau tanpa berkoalisi dengan partai lain.

"Sulit bagi PAN untuk mencapai perolehan suara 25 persen atau 20 persen kursi," katanya.

Lebih lanjut ia menuturkan, peluang pria yang juga Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perek) itu akan muncul, jika mendapat dukungan riil dari Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Dukungan riil ini berupa pengusungan oleh Partai Demokrat dan partai-partai koalisi. Namun demikian, tugasnya kemudian berat sekali, yaitu menaikkan elektabilitasnya yang sekarang rendah," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) tak masalah bila Ketua Umumnya Hatta Rajasa diusung partai politik (Parpol) lain terutama Partai Demokrat.

"Kalau Pak Hatta dicalon sebagai capres oleh partai politik lain, termasuk Partai Demokrat adalah satu penghargaan buat Ketua umum kami," ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PAN Viva Yoga Mauladi di KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis 20 Desember 2012 lalu.


(mhd)

views: 1.051x

 

shadow