Tujuh ucapan Yesus di Kayu Salib

Tujuh ucapan Yesus di Kayu Salib
Ilustrasi (istimewa)
A+ A-
Yesus Kristus mengucapkan tujuh ucapan pendek namun penting di kayu salib, yang secara keseluruhan menyibak tabir salib.

1. Doa untuk para algojo

Lukas 23:24 Yesus berkata:

“Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya.

Walaupun menderita secara fisik dan emosional, dan dikutuk oleh orang yang disalib di sebelahNya, Yesus tidak membenci mereka. Ini sesuai dengan ajaranNya dalam Khotbah di Bukit yang tertulis di Lukas 6:27-28

“Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu

2. Penyelamatan seorang penjahat

Luk 23:43

Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”

Awalnya kedua penyamun ikut mencela Yesus (Mat 27:44). Namun kemudian penjahat kedua menegurnya (40-41) dan dia bertobat (42). Penjahat itu melihat martabat Yesus yang rajani dan tenang. Ia telah mendengar doa pengampunan Yesus untuk para algojo-Nya. Pengampunan adalah yang ia butuhkan karena ia mengakui bahwa ia layak dihukum.

Ia diampuni (43). Ia tidak dicela karena baru bertobat di detik-detik terakhir. Selama berjam-jam selanjutnya, yang penuh penderitaan dan terasa panjang, penjahat yang diampuni itu menetapkan hati dan pikiranya pada janji Yesus yang pasti dan menyelamatkan.

3. Penyerahan Ibu-Nya

Yoh 19:26-27

Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: “Ibu, inilah, anakmu!” Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Inilah ibumu!” Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya.


Selanjutnya...
dibaca 6.687x
Halaman 1 dari 4

REKOMENDASI :

Top