Renungan Kasih

Tujuh ucapan Yesus di Kayu Salib

Rabu,  19 Desember 2012  −  07:19 WIB
Tujuh ucapan Yesus di Kayu Salib
Ilustrasi (istimewa)
Yesus Kristus mengucapkan tujuh ucapan pendek namun penting di kayu salib, yang secara keseluruhan menyibak tabir salib.

1. Doa untuk para algojo

Lukas 23:24 Yesus berkata:

“Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya.

Walaupun menderita secara fisik dan emosional, dan dikutuk oleh orang yang disalib di sebelahNya, Yesus tidak membenci mereka. Ini sesuai dengan ajaranNya dalam Khotbah di Bukit yang tertulis di Lukas 6:27-28

“Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu

2. Penyelamatan seorang penjahat

Luk 23:43

Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”

Awalnya kedua penyamun ikut mencela Yesus (Mat 27:44). Namun kemudian penjahat kedua menegurnya (40-41) dan dia bertobat (42). Penjahat itu melihat martabat Yesus yang rajani dan tenang. Ia telah mendengar doa pengampunan Yesus untuk para algojo-Nya. Pengampunan adalah yang ia butuhkan karena ia mengakui bahwa ia layak dihukum.

Ia diampuni (43). Ia tidak dicela karena baru bertobat di detik-detik terakhir. Selama berjam-jam selanjutnya, yang penuh penderitaan dan terasa panjang, penjahat yang diampuni itu menetapkan hati dan pikiranya pada janji Yesus yang pasti dan menyelamatkan.

3. Penyerahan Ibu-Nya


Selanjutnya...
dibaca 6.486x
Halaman 1 dari 5
Bagikan artikel ini :
Topic Terkait :
renungan kasih
Berita Rekomendasi :
Daftarkan email anda
untuk update berita terkini
Subscribe

 

shadow