7 Fakta Gading Gajah, Bagian Tubuh Termahal dan Paling Dicari

Kamis, 24 Februari 2022 - 19:00 WIB
loading...
7 Fakta Gading Gajah, Bagian Tubuh Termahal dan Paling Dicari
Gading adalah bagian tubuh paling mahal dan paling sensitif dari seekor gajah. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Gading adalah bagian tubuh termahal dari seekor gajah. Dan sayangnya, banyak gajah yang harus terbunuh karena gadingnya.

Tapi, mengapa gajah memiliki gading ? Apa gunanya? Gading gajah berevolusi dari gigi. Dan ternyata fungsinya banyak sekali. Mulai dari menggali, mengangkat benda, mengumpulkan makanan, mengupas kulit kayu dari pohon untuk dimakan, dan pertahanan.

Gading juga melindungi belalai—anggota tubuh gajah lainnya untuk minum, bernapas, dan makan.

Sama seperti manusia yang bertangan kiri atau kanan, gajah juga memiliki gading kiri atau kanan. Gading dominan biasanya lebih aus karena sering digunakan.

7 Fakta Gading Gajah, Bagian Tubuh Termahal dan Paling Dicari

Baik gajah Afrika jantan maupun betina memiliki gading. Sementara hanya gajah Asia jantan yang memiliki gading.

Mengapa mengambil gading dari gajah ilegal? Karena dibalik ada aksesoris baik itu patung atau ukiran dari gading gajah, berarti ada seekor gajah yang mati. Para pemburu rela membunuh 20.000 gajah setiap tahun untuk diambil gadingnya, yang kemudian diperdagangkan secara ilegal di pasar internasional hingga akhirnya berakhir sebagai pernak-pernik. Nah, berikut adalah fakta tentang gading gajah:



China Pasar Terbesar
Permintaan tertinggi untuk gading gajah berasal dari China. Gading biasanya diukir menjadi patung atau digunakan dalam produk lain. Banyak orang China menganggap gading sebagai simbol keberuntungan, kekayaan, dan status. Negara-negara lain termasuk AS juga memiliki pasar gading ilegal.

Dilarang Diperdagangkan
7 Fakta Gading Gajah, Bagian Tubuh Termahal dan Paling Dicari

CITES, badan internasional yang mengatur spesies yang terancam punah, saat ini melarang perdagangan gading karena risikonya terhadap konservasi gajah.

Beberapa negara Afrika menentang larangan perdagangan ini, sementara yang lain, seperti Kenya, mendukungnya. Di Amerika Serikat, perdagangan gading dilarang dengan hanya beberapa pengecualian. Undang-undang federal dan undang-undang negara bagian membatasi penjualan gading.

Berapa Harga Gading Gajah?
7 Fakta Gading Gajah, Bagian Tubuh Termahal dan Paling Dicari

Harga gading gajah memang sangat mahal. Mencapai USD3.300 atau Rp47 juta untuk setiap 450 gram. Karena itu, pasar gading dunia bernilai USD23 miliar per tahun. Untuk gading mentah, dari hasil penyelidikan Wildlife Justice Commission, dijual antara USD597/kg dan USD689/kg.

Berubah Warna
Gading berasal dari bahan organik yang cepat menyerap kelembapan. Seiring waktu, gading menjadi gelap dan/atau berubah warna menjadi kuning. Warna permukaan yang kuning itu disebut patina. Perubahan warna ini merupakan indikator jika umurnya semakin tua dan tidak boleh dihilangkan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2137 seconds (0.1#10.140)