Ini Perbedaan Servis dan Tune Up Mobil

Rabu, 23 Februari 2022 - 18:31 WIB
loading...
Ini Perbedaan Servis dan Tune Up Mobil
Perbedaan servis dan tune up mobil penting untuk diketahui untuk merawat kendaran. Foto: dok Honda Prospect Motor
A A A
JAKARTA - Perbedaan servis dan tune up mobil harus diketahui oleh pemilik kendaraan pribadi. Sebab, keduanya memiliki perbedaan yang sangat berpengaruh terhadap kelancaran mesin.

Tune up mobil memiliki arti penyetelan ulang semua komponen mobil. Sedangkan servis mobil adalah perawatan yang dilakukan sesuai jadwal tertentu. Nah, berikut perbedaan tune up dan servis mobil :

1. Perbedaan Waktu
Servis mobil memiliki waktu yang umumnya dimulai ketika sudah mencapai kilometer atau km 1.000. Setelah itu, mobil perlu diservis kembali pada 30.000 km, 50.000 km dan 70.000 km.

Biasanya pengecekan dilakukan pada bagian oli mesin, ban, dan juga mesin. Pengecekan juga dilakukan di 20.000 km, 60.000 km dan 100.000 km untuk pemeriksaan sistem bahan bakar, suspensi serta sistem kemudi.

Mobil yang telah melalui jarak 40.000 km, 80.000 km dan 120.000 km akan dicek pada bagian busi, kompresor, oli mesin, minyak rem dan filter udara. Apabila terjadi kerusakan pada komponen tersebut, maka akan segera dilakukan penggantian.

Sementara, waktu tune up yang tepat adalah setelah mobil mencapai lebih dari 12.000 km atau ketika sudah tidak nyaman lagi dikendarai.

2. Perbedaan Biaya
Tune up mobil dilakukan pengecekan secara keseluruhan. Sehingga biaya yang dibutuhkan akan lebih besar daripada servis mobil. Biasanya sekitar Rp300.000 hingga Rp3 juta. Tergantung pergantian komponen yang rusak.

Sementara biaya yang dikeluarkan untuk servis mobil disesuaikan dengan kilometer karena pengecekan yang dilakukan berbeda.



3. Perbedaan jenis pemeriksaan
Servis biasanya menyentuh perbaikan di bagian aki, kemudi, baut roda, idle mesin tekanan angin roda, filter udara dan rembesan oli.

Sementara tune up lebih kepada bagian fungsi atau tidaknya komponen yang penting dalam sebuah mobil. Apabila sudah tidak berfungsi, tune up akan segera menyarankan untuk diganti.

Nah itulah beberapa perbedaan tune up mobil dan servis mobil yang harus diketahui guna merawat mesin kendaraan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0098 seconds (0.1#10.140)