Jokowi janji bangun stadion bertaraf internasional

Senin, 26 November 2012 - 17:58 WIB
Jokowi janji bangun stadion bertaraf internasional
Jokowi janji bangun stadion bertaraf internasional
A A A
Sindonews.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjamin dalam waktu dua tahun dirinya akan menyelesaikan pembangunan stadion bertaraf internasional. Pendirian stadion itu, diperuntukan untuk markas Persija yang nantinya akan dibangun di taman BMW, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"Tahun depan persiapan pembangunan akan dilakukan. Dan rencananya anggaran untuk pembangunan stadion tersebut sekitar 1 triliun 50 milyar rupiah. Dan menggunakan APBD multi years," kata pria yang akrab disapa Jokowi ini di Balaikota, Jakarta, Senin (26/11/2012).

Taman BMW yang diketahui memiliki luas 66,6 hektar itu, nantinya tidak hanya berfungsi sebagai tempat olahraga. Namun juga dapat menjadi ruang terbuka hijau, karena akan ada taman dan danau, serta sarana rekreasi keluarga yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Selain itu, stadion yang nanti akan dibangun, diakui sanggup untuk menampung sebanyak 50 ribu penonton. Stadion itu juga akan menjadi ikon Kota Jakarta serta bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas olahraga di ibukota.

"Diketahui mulai tahun lalu sudah dimulai dengan pematangan tanah dan mengkaji struktur tanah yang akan digunakan sebagai pondasi tiang-tiang pancang. Kemudian, segera memulai pengerjaan fisiknya," jelas Jokowi.

Sebelumnya, rencana pembangunan stadion ini sempat mengalami penundaan. Penundaan itu karena ada beberapa pihak yang mengklaim lahan tersebut.

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) sendiri telah memutuskan Taman BMW merupakan aset Pemprov DKI Jakarta.

Di sisi lain, untuk Taman BMW sudah disediakan beberapa konsep yang ada. Misalnya menjadikan Taman tersebut sebagai tempat rekreasi keluarga yang menyenangkan, seperti taman rekreasi air, jogging track, bike way, gedung exhibition show, dan akan dibangun sebuah tempat yang bisa digunakan warga untuk melihat langsung laut.

Waduk yang ada ke depannya akan memiliki fungsi ganda. Fungsi ganda itu yakni, sebagai tempat penampungan air dengan sistem polder, dan sebagai daerah resapan air, serta sebagai tempat rekreasi. (stb)
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0970 seconds (0.1#10.140)