Kampung hijau di belantara beton

Kampung hijau di belantara beton
Kampung Banjar. (Dok. Sindo)
A+ A-
Macet, polusi, sungai mampat, dan perkampungan kumuh selama ini identik dengan satu sisi kehidupan Jakarta. Tetapi, siapa sangka jika di wilayah selatan Jakarta terdapat kampung kecil yang mendunia karena kepedulian masyarakatnya terhadap lingkungan.

Banjarsari, begitulah nama kampung hijau yang terletak di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan. Di tengah ketidakpedulian sebagian besar masyarakat Jakarta terhadap lingkungan, Banjarsari menjadi satu purwarupa kampung hijau di tengah belantara beton.

Kampung ini ibarat oase di tengah kegersangan Ibu Kota. Pertama kali memasuki perkampungan di sekitar Jalan Banjarsari XI, RT 008/RW 008, Kelurahan Cilandak, Jakarta Selatan, rasanya tidak seperti di Jakarta.

Kesan bau got dan sampah menumpuk yang biasanya melekat di setiap perkampungan di Ibu Kota tidak terasa di kawasan paling ujung jalan Fatmawati ini. Pesona yang muncul malah sebaliknya, kampung itu terlihat bersih, asri dan rindang penuh pepohonan yang menyehatkan mata. Di setiap pekarangan rumah terdapat pot-pot kecil yang ditumbuhi tanaman multiguna.

“Ibu-ibu sekitar sini mampu memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami tanaman obat, sayuran, dan aneka jenis tumbuhan. Sampah-sampah yang dihasilkan dari dapur mereka juga berhasil didaur ulang menjadi produk pupuk unggulan yang laku di pasaran,” kata Ketua Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formapel) Kecamatan Cilandak, yang juga pelopor bagi pelestarian lingkungan di Banjarsari,Harini Bambang Wahono,80, kepada SINDO,Jumat 9 November 2012.

Kepedulian masyarakat Banjarsari terhadap lingkungan pantas diacungi jempol. Apalagi, kampung hijau ini pernah menjadi percontohan badan dunia, UNESCO untuk pengolahan sampah terpadu melalui partisipasi masyarakat dari 1996–2003. Kampung Banjarsari menjadi lokasi proyek pengelolaan limbah rumah tangga, dengan penekanan pada prinsip 4R (reduce, reuse, recycle, dan replant).

Kesuksesan Banjarsari kemudian memicu keberhasilan 25 titik perkampungan hijau di Jakarta seperti di Petojo, Rawajati,Rawasari, dan lainnya. Tak ayal, bila implementasi nyata kepedulian lingkungan masyarakat Banjarsari menjadi pilot project program kampung hijau (green village) pemerintah untuk seluruh daerah di Indonesia.


Selanjutnya...
dibaca 6.459x
Halaman 1 dari 3
Top