Hukum

Pemkab Bogor takut IMB Hambalang

Jum'at,  2 November 2012  −  20:23 WIB
Pemkab Bogor takut IMB Hambalang
Ilustrasi (dok:Istimewa)

Sindonews.com - Izin Mendirikan Bangunan (IMB) proyek pembangunan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, terancam dibekukan. Saat ini, tim verifikasi Pemkab Bogor tengah melakukan evaluasi, investigasi, dan pemeriksaan terkait persyaratan penerbitan IMB bangunan tersebut.

"Jika hasil tim verifikasi nanti menemukan pelanggaran, dan tidak memenuhi persyaratan dalam penerbitan IMB, kami akan menertibkan bangunan tersebut, meski hal itu sangat sulit, karena ini proyek pemerintah," kata Kepala Dinas Tata Bangunan dan Pemukiman (DTBP) Kabupaten Bogor Yani Hasan kepada wartawan, di Bogor, Jumat (2/11/2012).

Ditambahkan dia, dinas yang dipimpinnya memang telah melakukan kajian sebelum terbitnya site plan dan IMB. "Ya, kita (DTBP) dan beberapa dinas lainnya yang mengkaji persyaratan site plan dan IMB, tapi hingga proyek tersebut berjalan Amdal nya belum juga dilengkapi," terangnya.

Pihaknya mengaku, bisa saja membekukan dan mencabut IMB proyek P3SON itu, hanya khawatir langkah-langkah verifikasi untuk hal tersebut melanggar hukum. "Bahkan kita juga khawatir pihak Kemenpora berlindung dari upaya tersebut (pembekuan dan pencabutan), masalahnya jadi panjang lagi," katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Bogor Rachmat Yasin mengaku, pihaknya masih menunggu tim verifikasi untuk melakukan pemeriksaan, investigasi, dan audit dari pihak berwenang. "Kita tunggu hasil verifikasi dulu. Untuk mencabut IMB pun ada aturannya sendiri," ungkapnya.


(san)

views: 886x

 

shadow