Pasek: 13 angka ideal Komnas HAM

Senin, 22 Oktober 2012 - 17:22 WIB
Pasek: 13 angka ideal Komnas HAM
Pasek: 13 angka ideal Komnas HAM
A A A
Sindonews.com - Pada penentuan komisioner Komisi Nasionah Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) yang terpilih melalui voting berjumlah 13. Meski itu bukan jumlah awal, tapi angka 13 itu merupakan angka ideal.

"Awalnya itu ada pandangan fraksi-fraksi mengusulkan 15 anggota, tapi ada pandangan fraksi mengusulkan 9, ada juga yang belum bersikap karena belum ada hasil fit and proper test sebelumnya. Dari hasil semua pandangan itu, kita ketemu angka ideal yaitu 13 anggota," ujar Ketua Komisi III Gede Pasek Suardika, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (22/10/2012).

Menyoal tidak terpilihnya calon tunanetra yang kualitasnya tergolong bagus. Pasek mengomentari, itu semata-mata hanya karena faktor kurangnya suara.

"Mereka kan dipilih juga, masalahnya kurang usaha lebih sedikit. Tidak dipilih itu karena tidak ada suara. Buktinya kami lihat suaranya cukup mepet sekali, seadainya 15 masuk dia. Tapi ini pilihannya 13, karena sudah ditetapkan 13," jelasnya.

Menurut Pasek, ini sudah menjadi pilihan terbaik dari semua fraksi lewat pilihan terbuka. Politikus Partai Demokrat ini berharap, Komnas HAM bisa lebih optimal lagi untuk menuntaskan permasalahan HAM.

Terkait soal anggaran, Pasek mengatakan, belum ada keberpihakan ke arah sana. "Akan ada tambahan Komnas HAM terkait rehabilitasi gedung yang memang cukup rusak. Sementara itu saja. Sementara yang lainya di RAPBNP (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan) kita bisa bantu," jelasnya.

"Intinya, kita ingin Komnas HAM lebih kuat karena intitusi kita cukup banyak mengatur tentang HAM, tetapi politik anggaran kita belum maksimal berpihak ke sana. Jadi kita akan ke sana, tapi ini kan baru proses," tambahnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0261 seconds (0.1#10.140)