Politik

KPU: Jumlah penduduk Indonesia 255 juta

Senin,  15 Oktober 2012  −  19:32 WIB
KPU: Jumlah penduduk Indonesia 255 juta
Ilustrasi (istimewa)

Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 255.587.718 jiwa.

Penetapan jumlah penduduk tersebut tercantum dalam surat keputusan KPU Nomor 156/Kpts/KPU/TAHUN 2012 tertanggal 9 Agustus 2012 tentang Data Wilayah Administrasi Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Jumlah Penduduk Provinsi dan Kabupaten/Kota Untuk Keperluan Persyaratan Partai Politik Menjadi Peserta Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD Tahun 2014.

Padahal, data resmi yang akan dikeluarkan pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait jumlah penduduk secara nasional baru akan diumumkan 6 Desember 2012.

Menanggapi hal tersebut, Anggota KPU RI Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, jumlah penduduk Indonesia secara nasional tersebut diputuskan tetap berdasarkan data kependudukan yang diberikan Kemendagri.

Namun, memang terdapat perbedaan jumlah penduduk antara yang ditetapkan oleh KPU sesuai Keputusan No 156 dengan data Kemendagri tersebut. Terutama, terkait dengan jumlah kecamatan di daerah pemekaran dan daerah lainnya dalam hal jumlah penduduk.

"Ada (perbedaan jumlah penduduk), dalam hal jumlah kecamatan khususnya yang pemekaran dan beberapa daerah dalam hal jumlah penduduk," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Senin (15/10/2012).

Namun, lanjut Ferry, data terbaru terkait jumlah kecamatan dan jumlah penduduk secara nasional telah diperbarui kembali oleh Kemendagri.

Oleh karena itu, apabila dalam proses tahapan pemilu ke depan hingga keluarnya data resmi dari Kemendagri terdapat penambahan wilayah karena pemekaran, maka KPU akan mengacu pada data terbaru dari Kemendagri nantinya.


Selanjutnya...

views: 10.757x
Halaman 1 dari 3

 

shadow